Info

Bahaya! Kurang Tidur Membuat Otak Menyusut

Padahal sudah jelas kurang tidur tidak baik untuk kesehatan, tetapi masih saja dilakukan. Parahnya, kurang tidur bisa buat otak kamu menyusut lho!

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi kurang tidur (hipwee)
ilustrasi kurang tidur (hipwee)

Himedik.com - Kurang tidur bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan muncul. Seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Parahnya, menurut para ahli kurang tidur dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit alzheimer.

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak. Ia mengakibatkan seseorang mengalamai penurunan kemampuan berbicara, berpikir, dan daya ingat. Fase awal orang terkena penyakit ini adalah mudah lupa.

brain atrophy in advanced alzheimer's disease (futurism)
brain atrophy in advanced alzheimer's disease (futurism)

Lalu bagaimana otak bisa menyusut?

Dilansir dari laman meetdoctor, ini bisa terjadi karena ketika seseorang kurang tidur secara terus menerus, maka neuron-neuron otak akan mati dan otak menjadi menyusut. Penyusutan otak terjadi di bagian pengatur ingatan.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan seorang peneliti dari Universitas Pennsylvania, Sigrid Veasey, MD. Ia mengatakan bahwa kurang tidur setidaknya tiga hari berturut-turut akan merusak sebanyak 25 hingga 30 persen sel-sel otak. Sel otak yang sudah rusak tersebut tentunya tidak bisa beregenerasi lagi.

Studi lain menyebutkan yang mana dari lima belas ribu orang yang tidur dengan waktu lima jam tiap harinya, kinerja memorinya menurun. Hal tersebut setara dengan mengalami penuaan otak dalam waktu dua tahun

Jadi, kalau kamu berpikir kurangnya jam tidur di hari ini bisa diganti dengan tidur sepuasnya di akhir pekan, itu tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap kesehatanmu. Kenyataannya otakmu tetap menyusut.

Sekarang bagaimana, masih mau tetap begadang nih?

Berita Terkait

Berita Terkini