Info

Cepat dan Ampuh Hilangkan Kutil, Gunakan Enam Bahan Alami Ini!

Kutil hilang dalam 2 minggu.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kutil bisa diatasi dengan bahan alami. (gotvi.mk)
Kutil bisa diatasi dengan bahan alami. (gotvi.mk)

Himedik.com - Kutil atau papilloma sebenarnya merupakan tumor jinak pada kulit yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil bisa tumbuh di mana saja di bagian tubuh. Ini biasanya ditandai dengan benjolan kecil dengan tekstur kasar.

Penyakit ini menjadi tanda kekebalan tubuh yang lemah sehingga tak bisa menghentikan penyebaran virus. Beberapa bahan alami bisa kamu pakai untuk menghilangkan kutil dalam waktu singkat.

Namun, jika tak segera hilang, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Dari laman rd, HiMedik menemukan beberapa bahan alami untuk menghilangkan kutil.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel tak bisa membunuh virus yang menyebabkan kutil terbentuk, namun cuka apel bisa membasmi daging berlebih sehingga kutil bisa hilang.

Cuka apel/Healthline
Cuka apel. (Healthline)

Caranya, rendam bola kapas pada cuka sari apel murni. Peras kelebihan airnya kemudian tempelkan pada kutil dan biarkan semalam.

Jika tak terlalu menyebabkan rasa sakit, segera ganti kapas. Setelah satu hingga dua minggu, kutil akan hilang.

2. Kulit pisang

kulit pisang. (Today Show)
kulit pisang. (Today Show)

Enzim yang ditemukan dalam kulit pisang bisa membantu membuat kutil hilang. Gosok kulit pisang bagian dalam pada kutil dua kali sehari. Terus lakukan sampai kutil hilang.

3. Tablet vitamin C

Hancurkan tablet vitamin C dan masukkan jus lemon atau air sedikit hingga terbentuk pasta. Terapkan pada kutil sampai kutil benar-benar tertutup. Vitamin C dan lemon bisa membasmi virus kutil.

4. Kemangi

Kemangi bisa dijadikan ramuan untuk membasmi kutil. Hancurkan 1/4 cangkir daun kemangi dan oleskan pada area yang terdapat kutil dan tutup dengan perban. Lakukan setiap hari selama satu hingga dua minggu.

5. Madu

madu/unsplash
madu. (unsplash)

Madu punya kandungan antibakteri dan antivirusnya. Oles madu pada kutil kemudian tutup dengan perban. Setelah 24 jam, buka perban dan ulangi lagi.

6. Bawang putih

Bawang putih. (iStockphoto)
Bawang putih. (iStockphoto)

Bumbu dapur ini bisa dibilang mujarab dalam menghilangkan kutil. Tutup bawang putih yang telah dihancurkan dengan perban. Setelah 20 menit, buang dan bilas area yang terdapat kutil. Lakukan ini dua kali sehari selama seminggu. Atau, kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih tiga kali sehari karena memiliki efek yang sama.

Itu tadi bahan-bahan alami untuk menghilangkan kutil. Lakukan yang rutin ya agar kutil cepat hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini