Info

Lima Cara Minum Obat yang Keliru, Namun Sering Kamu Lakukan

Pastikan kamu tak pernah melakukan kekeliruan ini ya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jangan keliru minum obat. (Foodstutorial.org)
Jangan keliru minum obat. (Foodstutorial.org)

Himedik.com - Ketika sakit, segala pekerjaanmu menjadi terhambat. Minum obat dari dokter biasanya menjadi pilihan paling efektif yang sering kamu ambil.

Meski bisa menyembuhkanmu dari sakit, cara minum obat yang salah bisa saja membuatmu tak sembuh. Dan kejadian seperti ini masih sering dijumpai di tengah masyarakat.

Lalu, seperti apa cara minum obat yang keliru yang masih sering dilakukan banyak orang? Berikut lima kekeliruan minum obat yang dilansir dari Hellosehat.

1. Tak menghabiskan resep dokter

Kamu pasti pernah mengalami ketika sudah merasa sembuh, kemudian obat yang diberikan dokter tak kamu minum sampai habis. Nah, ini adalah salah satu cara keliru yang kamu buat.

Obat yang diberi dokter wajib kamu habiskan agar virus dalam tubuh benar-benar mati. Jika tidak, virus bisa saja menjadi resisten terhadap obat sehingga selanjutnya ketika kamu minum obat yang sama untuk, kamu bisa saja tak sembuh.

2. Tak baca aturan pakai ketika minum obat tanpa resep

Saat kamu sakit, banyak orang masih cenderung untuk membeli obat di apotek daripada menghabiskan banyak uang untuk berkonsultasi ke dokter. Kesalahannya adalah masih banyak yang tak membaca aturan penggunaan obat. Bahkan juga tak bertanya pada apoteker.

Ingat agar selalu membaca petunjuk penggunaan ya, atau jika tidak kamu bisa bertanya pada apoteker.

Obat/Survivors' Table
Obat. (Survivors' Table)

3. Konsumsi obat tertentu tanpa resep dan dalam jangka waktu lama

Nah, ini jelas-jelas keliru. Ini pastinya bisa memperparah kondisimu. Bisa-bisa ini berpengaruh pada lambung bahkan ginjalmu. Mulai sekarang, apapun obatnya, kamu harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan aturan pakai yang tepat.

4. Konsumsi antibiotik yang sama

Antibiotik sering diberikan ketika kamu sakit karena obat ini punya andil besar untuk membunuh virus dan kuman. Namun jika antibiotik yang kamu minum hanya itu-itu saja, bisa saja virus yang ada dalam tubuhmu akan mengalami resistensi atau kebal. Untuk itu, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Konsumsi obat yang sudah terlalu lama disimpan

Sekali lagi, lihat kemasan obat sebelum mengonsumsi. Yang paling penting adalah perhatikan tanggal kaduluarsanya. Kamu bisa mencatat tanggalnya pada kemasan agar kamu tak lupa.

Lima cara minum obat yang keliru di atas sebaiknya harap kamu perhatikan baik-baik ya, agar kamu tak salah.

Berita Terkait

Berita Terkini