Info

Mengapa Setelah Makan Pasti Mengantuk? Ini Alasannya

Makan dengan porsi banyak adalah penyebab utama cepat mengantuk setelah makan

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Mengantuk (gentleman)
Mengantuk (gentleman)

Himedik.com - Beberapa menit saat selesai makan pasti kita menguap dan artinya mengantuk. Memang setelah makan, kenyang, dan mengantuk hal yang paling nikmat dilakukan adalah tidur.

Tetapi, tahukah kamu mengapa setelah makan kita pasti mengantuk? Dilansir dari Times of India, pankreas akan memproduksi insulin untuk mengendalikan kadar gula darah pada setiap makanan yang dikonsumsi.

Namun, ketika kita makan terlalu banyak, pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin. Menurut Coutinho, meningkatnya sekresi insulin, tubuh akan memproduksi hormon tidur dan hormon tersebut akan beredar ke otak dimana hormon itu dimetabolisme ke dalam serotonin dan melatonin.

Tidur (okezone)
Tidur (okezone)

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat mengharuskan sistem pencernaan menggunakan 60-75% energi dari tubuh untuk mencerna makanan. Untuk menggantikan energi yang terpakai, tubuh akan mengambil banyak energi dari bagian tubuh lain untuk sistem pencernaan.

Hal inilah yang membuat kamu mengantuk dan merasa lelah karena tubuh mengambil banyak energi untuk mencerna makanan.

Tidak hanya karbohidrat, makan makanan tinggi protein juga memiliki efek yang sama.

Oleh karena itu, Coutinho menyarankan untuk tidak makan secara berlebihan, seperti porsi double, porsi menggunung, dan makan berlemak dalam jumlah yang banyak. Lebih baik makan dengan porsi sedikit dalam jeda waktu kurang lebih tiga jam agar tubuh tidak merasa lemas.

Berita Terkait

Berita Terkini