Info

Hilangkan Bibir Pecah-Pecah dengan Tiga Cara Ini

Bibir pecah-pecah bisa jadi tanda tubuh kamu tidak terhidrasi dengan baik. Yuk, hilangkan dengan cara ini!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi bibir pecah-pecah (orami)
ilustrasi bibir pecah-pecah (orami)

Himedik.com - Bibir pecah-pecah merupakan masalah yang sering dialami baik oleh pria maupun wanita. Meski tidak menimbulkan masalah yang berarti, namun hal tersebut membuat bibir terasa risih karena kulit bersisik.

Perlu kamu tahu, kulit di bagian bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit yang lain. Sehingga kulit bibir tidak bisa menjaga kelembapan ketika terkena sinar matahari. Tak hanya itu, kelembapan udara yang rendah seperti saat musim hujan juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

Nah, selama ini kebanyakan orang malah membasahi bibir keringnya dengan air liur. Padahal hal tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Malahan membuat bibir semakin pecah. Untuk menghilangkannya, ikuti yuk cara mudah di bawah ini.

1. Minum air putih

Banyak manfaat yang diberikan jika kamu rutin minum air putih, termasuk dalam mengatasi bibir pecah-pecah. Air putih akan menjaga kebutuhan cairan tubuh sehingga, tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu kelembapan bibir tetap terjaga.

ilustrasi minum air putih (shutterstock)
ilustrasi minum air putih (shutterstock)

2. Kurangi makanan masam dan pedas

Supaya bibir kamu cepat membaik, sebaiknya kurangi dulu mengonsumsi makanan masam dan pedas ya! Pasalnya kedua makanan tersebut bisa menyebabkan bibir kamu iritasi.

ilustrasi makanan pedas (nibble)
ilustrasi makanan pedas (nibble)

3. Berhenti menjilati bibir

Pada dasarnya, air liur cepat menguap. Semakin kamu sering menjilati bibir maka semakin parah kondisi bibir yang pecah. Sebagai solusi agar tidak risih dengan bibir yang kering dan bersisik kamu bisa menggunakan lip balm.

ilustrasi menggunakan lip balm (ellybeauty.vn)
ilustrasi menggunakan lip balm (ellybeauty.vn)

Dari ketiga cara di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan nih?

Berita Terkait

Berita Terkini