Info

Mengapa Warna Mata Manusia Berbeda-beda? Ini Penjelasannya

Warna mata hijau maupun biru tergantung pada warna struktural dan kombinasi dengan pigmen

Rima Sekarani Imamun Nissa | Krishnayanti C

Mata (unsplash)
Mata (unsplash)

Himedik.com - Warna mata setiap manusia memang berbeda-beda. Di Indonesia, warna mata biasanya hanya sebatas coklat atau hitam. Sedangkan di Barat, warna mata lebih bervariasi seperti hijau, biru, coklat, abu-abu, dan lainnya.

Mengapa bisa demikian? Yuk, lihat pembahasannya.

Warna mata manusia tergantung pada jumlah sel melanosit pada iris mata dan bagaimana persebarannya. Sel melanosit ini akan menghasilkan melanin, yaitu sejenis pigmen yang dapat ditemukan pada mata yang memberi warna pada iris mata.

Iris mata terdiri dari beberapa lapisan. Namun ada dua lapisan yang menjadi bagian penting dalam menentukan warna mata, yaitu lapisan depan dan lapisan stroma 

Pigmentasi iris mata bervariasi dari cokelat terang sampai hitam. Hal itu tergantung dari jumlah melanin pada epitelium pigmen yang terletak di bagian belakang iris mata, jumlah melanin pada stroma, dan kepadatan sel di stroma.

Mata (unsplash)
Mata (unsplash)

Pada iris mata yang berwarna cokelat, terdapat melanosit dan melanosom yang melimpah di epitelium pigmen dan stroma. Sedangkan pada iris mata yang berwarna biru, lapisan tersebut mengandung sedikit melanin.

Warna mata biru, hijau, dan hazel merupakan hasil dari hamburan Rayleigh pada cahaya di stroma. Fenomena ini mirip dengan kondisi dari penyebab langit berwarna biru.

Hamburan Rayleigh merupakan hamburan elastis cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya oleh partikel yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya.

Pigmen biru maupun hijau tidak pernah ada pada iris mata dan cairan mata manusia. Warna mata merupakan warna struktural dan bervariasi tergantung kondisi cahaya dan kadang berkombinasi dengan pigmen.

Warna struktural seperti halnya yang terlihat pada bulu ekor merak, memiliki pigmen cokelat tetapi strukturnya membuat bulu terlihat berwarna biru, toska, hijau, atau warna-warni.

Selain dari pigmen warna masing-masing manusia, warna mata merupakan faktor keturunan.

Berita Terkait

Berita Terkini