Info

Sederet Makanan Ini Diam-diam Tinggi Gula Lho!

Makanan apa saja ya, yang diam-diam mengandung gula tinggi? Pakar diet membeberkannya.

Ririn Indriani

Roti putih, salah satu makanan yang mengandung gula tinggi. (Brown Eyed Baker)
Roti putih, salah satu makanan yang mengandung gula tinggi. (Brown Eyed Baker)

Himedik.com - Kandungan gula pada makanan seperti buah bisa terjadi secara alami, sama seperti kandungan laktosa pada susu atau fruktosa pada buah.

Tapi menurut seorang ahli diet, Robbie Clark, kandungan tambahan gula juga bisa tersembunyi di dalam makanan yang sebelumnya tidak Anda curigai.

Lantas, makanan apa saja yang tanpa kita sadari ternyata kandungan gulanya tinggi? Berikut yang Suara.com rangkum dari News.com.au.

1. Sereal
"Sereal memiliki apa yang saya anggap terlalu banyak gula," kata ahli gizi Jessica Sepel.

Senada dengan Sepel, seorang ahli diet bernama Robbie Clark mengatakan pembeli harus lebih berhati-hati, misalnya ada oat yang dibumbui dengan madu, yang mengandung 8 gram gula dalam sachet 35 gram.

Ilustrasi sereal. (Shutterstock)
Ilustrasi sereal. (Shutterstock)

Cara terbaik untuk menghindari gula yang tersembunyi pada biji-bijian sereal adalah membuat sendiri sereal dari biji-bijian agar lebih sehat.

2. Sushi
Sushi dibuat dari beras yang diberi tambahan gula untuk meningkatkan rasa.

Padahal selama ini banyak orang lebih waspada terhadap saus yang sering digunakan dalam sushi, seperti teriyaki dan saus sambal manis serta mayones yang dikemas dengan gula.

Ilustrasi sushi. (Shutterstock)
Ilustrasi sushi. (Shutterstock)

Ahli diet Robbie Clark mengatakan beberapa sushi dapat mengandung sekitar tambahan satu sendok makan gula untuk satu cangkir nasi sushi.

3. Minuman berenergi
Jumlah gula dalam minuman berenergi bisa setinggi minuman ringan, kata ahli gizi Jessica Sepel.

"Minuman ini juga mengandung kafein dalam jumlah besar, bahkan terlalu banyak untuk bisa ditangani tubuh. Ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi, seperti minum kopi dua kali sehari lebih baik daripada minuman energi," kata Sepel.

Ilustrasi minuman berenergi. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman berenergi. (Shutterstock)

Ahli diet Robbie Clark mengatakan satu kemasan minuman berenergi dapat mengandung enam hingga delapan sendok teh gula, sementara minuman ukuran lebih besar dapat mengandung hingga 21 sendok teh gula.

4. Alkohol
Tidak mengherankan jika alkohol mengandung gula. Jumlah gula paling tinggi ditemukan dalam minuman beralkohol seperti cocktail terutama yang terbuat dari sirup, jus dan minuman ringan.

Ilustrasi minuman alkohol. (pexels)
Ilustrasi minuman alkohol. (pexels)

"Dan ketika minum anggur, anggur merah memiliki lebih sedikit gula daripada anggur putih atau sampanye," kata Sepel.

5. Saus tomat
Saus tomat adalah salah satu saus tinggi gula dengan sekitar satu sendok teh gula dalam setiap 15 ml saus tomat.

Saus tomat. (Genius Kitchen)
Saus tomat. (Genius Kitchen)

Ahli nutrisi Jessica Sepel mengatakan gula muncul sebagai tiga bahan utama produk saus. Itu artinya harus menjadi bendera merah bagi pembeli bahwa akan ada tambahan gula dosis tinggi ke tubuh saat dikonsumsi.

6. Roti
Gula merupakan bagian dari proses baking. Karena adanya proses pati yang pecah dan cara kerja fermentasi ragi, hal tersebut memungkinkan kadar gula pada roti naik dan tinggi.

Roti putih. (Brown Eyed Baker)
Roti putih. (Brown Eyed Baker)

"Beberapa merek juga menambahkan gula ke roti untuk membantu rasa, tekstur dan mendapatkan kulit luar berwarna emas," kata koki selebriti dan ahli gizi, Zoe Bingley-Pullin.

Itulah sederet makanan yang diam-diam mengandung gula tinggi, yang perlu Anda tahu. (Suara.com/Risna Halidi)

 

Berita Terkait

Berita Terkini