Info

Viral Orang Makan Sayur Mentah, Apakah Bagus untuk Tubuh?

Apakah konsumsi sayuran mentah baik untuk tubuh?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

DJ Katty makan sayuran mentah. (Instagram/kolase)
DJ Katty makan sayuran mentah. (Instagram/kolase)

Himedik.com - Video orang makan sayur mentah saat ini memang lagi viral. Satu sosok yang terkenal karena makan sayur mentah adalah DJ Katty. DJ asal Thailand itu kerap mengunggah videonya makan sayuran mentah di akun instagramnya.

Bukan hanya Katty, Turono, seorang polisi asal Lampung berpangkat Aipda, juga viral karena hal yang sama. Aktivitas makan sayuran mentah juga sering ia unggah ke akun media sosialnya, instagram.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah makan sayuran mentah itu sehat untuk tubuh?

Menurut Dawn Jackson Blatner, RD, ahli diet terdaftar di Chicago, tak semua sayuran bagus untuk dimakan mentah. "Beberapa nutrisi dari sayuran akan lebih terserap tubuh jika dimasak", ungkapnya.

Sayuran seperti wortel, asparagus bahkan tomat akan lebih baik jika dimasak. Tubuh akan lebih mudah menyerap manfaat dari beberapa antioksidan, misalnya ferulat dari asparagus dan beta-karoten dari wortel.

Begitu juga dengan tomat. Kandungan antioksidan lycopene dalam tomat akan terserap lebih banyak oleh tubuh jika dimasak. Nutrisi inilah yang berperan dalam melawan kanker.

Di sisi lain, ada beberapa sayuran yang lebih baik jika dimakan mentah, misalnya brokoli dan selada air. Ketika sayuran ini dimasak, nutrisi seperti glucosinolates akan rusak. Ini berarti senyawa anti kanker akan berkurang.

Itulah sebabnya kenapa brokoli harus dikukus dan bawang putih harus ditambahkan tepat sebelum kamu selesai memasak daripada di awal. Untuk sayur paprika, akan lebih baik jika makan mentah karena vitamin C bakal berkurang ketika dipanggang atau ditumis.

Menurut sebuah riset di Belanda pada 2011, mengonsumsi sayuran mentah bisa menurunkan risiko stroke. Di sisi lain, risiko stroke tak berkurang jika sayuran dimasak.

Riset Prospective Urban Rural Epidemiology (PURE) tahun 2017 mengatakan mengonsumsi sayuran mentah bisa menurunkan angka kematian dibandingkan sayuran yang sudah dimasak.

Selain itu, jika sayuran dimasak, maka bisa mengurangi kandungan pestisida yang mungkin ada dalam tanaman (saat proses penanaman). Jadi, jika kamu ingin makan sayuran mentah, pastikan sayuran dicuci sampai bersih ya.

Berita Terkait

Berita Terkini