Info

Bernutrisi Tinggi, Susu Kecoak Diklaim Sebagai Superfood Terbaik

Ternyata kandungan protein susu kecoak empat kali lebih banyak dibanding susu sapi.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi kecoak (unsplash)
Ilustrasi kecoak (unsplash)

Himedik.com - Sebagian besar orang menganggap bahwa kecoak adalah binatang yang menjijikan. Sering mereka berusaha menyingkirkan serangga ini jika ada di sekitar mereka.

Namun sekarang ini, banyak orang mengonsumsi serangga karena dianggap sangat bergizi. Hasil penelitian FAO (Food and Agriculture Organization) menyebutkan sebanyak 1.900 serangga telah dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia.

Serangga terdiri dari 80% protein dan mampu menyuplai Amino Acid dibandingkan dengan protein hewan lainnya. Tidak heran juga jika kecoak termasuk dikatakan memiliki sumber nutrisi tinggi.

Susu (unsplash)
Susu (unsplash)

Selain itu, tahukah kamu ada sebuah fakta bahwa susu kecoak dikatakan sebagai salah satu sumber nutrisi yang sangat tinggi. Tetapi, tidak semua kecoak memproduksi susu tersebut.

Kecoak yang memproduksi susu tersebut hanya jenis Diploptera Punctata. Spesies ini dikenal tidak bertelur tapi dapat melahirkan dan memproduksi susu.

Susu kecoak mengandung asam amino esensial yang mampu mendorong pertumbuhan sel untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mengandung gula yang berperan menyediakan energi.

Ketika embrio mulai tumbuh di dalam dirinya, kecoak betina memberi mereka susu yang berwarna kuning pucat dari karung induknya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa susu ini sangat bergizi dan merupakan superfood terbaik. Tak hanya itu, susu kecoak adalah salah satu zat paling bergizi dan berkalori tinggi di bumi.

Bahkan, susu kecoak diketahui mengandung empat kali protein dibandingkan dengan susu sapi.

Berita Terkait

Berita Terkini