Info

Ngeri! Perawatan Medis Zaman Dulu Bikin Merinding

Orang zaman dulu menggunakan cara ekstrem untuk menyembuhkan orang sakit.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi perawatan medis ekstrem. (elpais.com)
Ilustrasi perawatan medis ekstrem. (elpais.com)

Himedik.com - Sebelum teknologi medis modern ditemukan, ternyata ilmu medis sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, orang zaman dulu menggunakan cara ekstrem untuk menyembuhkan orang sakit.

Orang Mesir kuno misalnya, mereka menggunakan ramuan tertentu untuk mengawetkan orang mati (mumifikasi), sehingga bisa bertahan hingga sekarang. Dilansir dari Listverse, berikut deretan perawatan medis ekstrem di zaman dulu.

1. Merkuri untuk Mengobati Sifilis

Ilustrasi Merkuri. (Toronto Star)
Ilustrasi Merkuri. (Toronto Star)

Hampir semua orang di dunia tahu bahwa merkuri sangat beracun dan tidak boleh dicerna. Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang dapat membunuh seseorang jika tidak ditangani dengan benar.

Dalam pengobatan modern, kita sudah menggunakan penisilin. Namun ketika kita kembali di tahun 1300-an, merkuri menjadi obat wajib untuk menangani sifilis atau raja singa.

Merkuri akan dipanaskan kemudian digosokkan di kulit dan diambil secara langsung. Pengobatan itu populer sampai pertengahan abad ke-20.

Tak bisa dibayangkan bagaimana rasa sakit yang ditimbulkan. Itu seperti memotong kepala untuk menyembuhkan sakit kepala.

2. Lobotomi untuk Mengobati Penyakit Mental

Lobotomi. (TurboSquid)
Lobotomi. (TurboSquid)

Di zaman modern kita akan diberi obat penenang atau pil anti depresan untuk mengatasi penyakit mental atau depresi. Namun, orang gila, depresi, atau berpenyakit mental zaman dulu harus menggunakan terapi kejut listrik.

Lobotomi menjadi populer di Amerika Serikat pada tahun 1936, dan pada tahun 1949. Secara total terdapat 5.000 operasi yang dilakukan setiap tahun. Operasi juga dilakukan pada pasien dengan umur empat tahun.

Prosedur ini menggunakan metode penusukan logam metal panjang yang ditusukkan melalui rongga mata di bawah anestesi lokal sehingga dapat merangsang otak.

Praktik ini sangat populer, namun pada tahun 1970-an, lobotomi sangat dikritik dan sebagian besar metodenya dihapus. Kebrutalan perawatan medis ekstrem itu dapat mengakibatkan kerusakan otak jangka panjang.

3. Cacing Pita untuk Diet

Cacing pita. (Listverse)
Cacing pita. (Listverse)


Untuk menurunkan berat badan, orang zaman dahulu menggunakan metode menelan parasit berupa cacing pita. Metode itu sangat sederhana, mereka akan menelan kapsul berisi telur cacing pita.

Saat sampai di perut, telur cacing akan menetas sehingga memakan makanan yang ada di lambung.

Abad ke-19 perawatan medis ini sangat populer karena orang bisa memakan makanan apa saja yang mereka inginkan. Cacing pita dalam lambung akan menangani sisanya.

Untuk menyingkirkan cacing-cacing itu mereka harus menelan logam besar (seringkali mencekik pasien). Banyak orang meninggal hanya karena mencoba menghilangkan cacing-cacing tersebut.

4. Arsenik Untuk Membuat Kurus

Ilustrasi Arsenik. (Health Skillet)
Ilustrasi Arsenik. (Health Skillet)

Tak hanya cacing, orang zaman dulu juga menggunakan arsenik untuk membuat tubuh menjadi kurus. Arsenik merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk meracuni tikus. Namun pada tahun 1800-an, arsenik digunakan oleh orang Australia untuk menurunkan berat badan.

Mereka mencampurkan arsenik dalam dosis kecil ke dalam secangkir kopi. Mereka mulai menambahkan secara perlahan dosisnya sampai mengalami diare. Setelah kotoran mereka terbuang banyak, mereka akan menurunkan dosis arsenik secara perlahan.

Praktik ini populer sampai tahun 1920-an. Arsenik sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena dapat mengakibatkan kanker serta sel-sel tubuh juga dapat mati.

5. Enema Tembakau

Enema tembakau. (Art of Detox)
Enema tembakau. (Art of Detox)

Pada praktik modern, enema merupakan perawatan medis ekstrem memasukkan cairan ke dalam kolon melalui anus. Biasanya metode ini untuk merangsang peristaltik kolon supaya mudah buang air besar.

Namun di abad ke-18, enema bukan hanya zat cair melainkan asap. Jika kamu pernah mendengar istilah 'blow smoke up their ass', hal itu bukan berupa idiom melainkan hal nyata di akhir tahun 1700-an.

Mereka meniupkan asap dari tembakau ke rektum seseorang. Metode ini digunakan untuk mengobati korban tenggelam.

Enema tembakau dipercaya membantu mengeringkan air dari dalam tubuh. Karena hal itu, enema tembakau masuk  dalam deretan perawatan medis ekstrem di zaman dulu.

 

Nah, itulah beberapa metode medis mengerikan zaman dulu. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait pernah dimuat Hitekno.com dengan judul: Serem, Ini Deretan Perawatan Medis Ekstrem di Zaman Dulu

Berita Terkait

Berita Terkini