Info

Lima Fobia Aneh dan Mematikan

Umumnya, orang-orang memiliki fobia terhadap serangga atau ketinggian. Tetapi ternyata ada yang lebih aneh dan mematikan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi fobia (orami)
ilustrasi fobia (orami)

Himedik.com - Manusia pasti memiliki rasa takut. Jika rasa takut yang dirasakan berlebihan maka itu bisa disebut sebagai fobia. Penyebab fobia bisa dari lingkungan dan keturunan.

Beberapa fobia berikut mungkin ada yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Tapi, memang benar-benar ada lho bahkan mematikan.

1. Chronophobia (Takut Waktu)

Terdengar aneh memang, bagaimana bisa seseorang memiliki fobia terhadap waktu? Mungkin saja mereka takut karena hidup ini memiliki batasan waktu. Chronophobia biasanya mengidap lansia dan narapidana.

2. Anemophobia (Takut Udara)

Ini terdengar lebih aneh lagi. Pasalnya manusia tidak akan bisa hidup tanpa udara. Bisa-bisa penderita sekarat dan meninggal dunia karena terlalu takut menghirup udara.

3. Phagophobia (Takut Makan)

Ntah apa yang ada di pikiran penderita fobia ini sehingga bisa takut makan. Hal ini tentunya berbahaya karena penderita bisa kekurangan nutrisi. Beberapa penderita memilih hidup di rumah sakit untuk melalukan diet cair.

ilustrasi phagophobia (steemit)
ilustrasi phagophobia. (steemit)

4. Heliphobia (Takut Sinar Matahari)

Semakin aneh nih fobianya. Bayangkan, bagaimana seseorang hidup tanpa cahaya matahari? Ketika siang hari, penderita heliphobia akan mengurung dirinya dalam rumah.

Ia juga akan menutup celah-celah supaya tidak ada sinar yang masuk. Oleh sebab itu, penderita fobia ini disebut sebagai vampir.

5. Somniphobia (Takut Tidur)

Semakin tidak masuk akal, tapi memang begitu adanya. Penderita somniphobia biasanya sering bermimpi buruk saat tidur, sehingga menyebabkan takut untuk tidur. Mereka juga takut bagaimana jika tidak bisa bangun lagi.

ilustrasi somniphobia (shutterstock)
ilustrasi somniphobia. (shutterstock)

Sebenarnya, takut akan sesuatu itu wajar. Namun, jika ketakutan tidak masuk akal dan mematikan seperti hal-hal di atas maka tidak bisa dianggap wajar lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini