Info

4 Atlet Jepang Dipulangkan, Ini Hubungan Seks dengan Olahraga

Ini hubungan antara seks dengan kompetisi olahraga.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (today.com)
Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (today.com)

Himedik.com - Diberitakan sebanyak empat orang pemain basket asal Jepang dipulangkan dari ajang Asian Games 2018 akibat skandal prostitusi. Mereka diduga menyewa PSK setelah makan malam dan meninggalkan Kampung Atlet.

Diketahui, mereka menyewa PSK untuk merayakan kemenangan atas Qatar dalam pertandingan babak penyisihan Asian Games pada Kamis (16/8/2018).

Keempat atlet tersebut yakni Takuya Hashimoto (23), Keita Imamura (22), Yuya Nagayoshi (27), dan Takuma Sato (23) akhirnya dipulangkan ke Jepang pada Senin (20/8/2018).

Komite Dewan Olimpiade Jepang (JOC) mengatakan permintaan maaf atas kejadian memalukan itu dan mengatakan keempat atlet juga tak boleh ikut olimpiade pada 2020 mendatang.

Keyakinan bahwa seks sebelum kompetisi dapat berdampak negatif terhadap performa seseorang sudah belangsung selama beberapa dekade. Bahkan petinju Muhammad Ali dan Mike Tyson diketahui telah berpantang seks selama berminggu-minggu sebelum bertarung.

Lalu, bagaimana menurut penelitian soal seks yang dilakukan sebelum berkompetisi ini? Hasil penelusuran HiMedik dari Runtastic menemukan beberapa fakta.

1. Seks sebelum maraton dapat membuat kamu lebih cepat

Hal ini dikemukakan oleh tim peneliti di Oxford Univerity. Dalam penelitian terbaru, mereka mensurvei 2.000 peserta Maraton London setelah balapan. Ditemukan bahwa pelari yang aktif secara seksual malam sebelumnya rata-rata 5 menit lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukan hubungan seks.

Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (HuffPost)
Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (HuffPost)

 

2. Seks malam sebelum kompetisi tak membatasi performa bertanding

Tommy Boone, PhD, anggota American Society of Exercise Physiologists, menerbitkan sebuah penelitian yang membandingkan performa pria. Apa yang ditemukan dalam penelitian ini adalah tak ada perbedaan yang signifikan dalam kinerja antara pelari yang aktif secara seksual malam sebelumnya (12 jam sebelum tes) dan mereka yang tak melakukan hubungan seks.

Kesimpulan yang sama juga dikemukakan oleh Samantha McGlone, atlet triatlon Olimpiade, dan Dr. Ian Shrier, mantan presiden Canadian Academy of Sports, dalam sebuah editorial tentang dampak aktivitas seksual pra-kompetisi terhadap performa.

3. Seks dua jam sebelum olahraga dapat berdampak negatif pada kualitas performa

Sekelompok peneliti dari Jenewa menguji 16 atlet dari berbagai bidang olahraga. Para peserta diberi tes tegangan bertingkat dua jam setelah hubungan seksual.

Studi menunjukkan pesepak bola dan pemain ski memperlihatkan kinerja yang menurun dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Hal yang sama juga dibuktikan oleh University Clinic of Cologne.

Atlet olahraga dalam bidang kecepatan dan kekuatan akan menunjukkan kinerja yang menurun hingga 2 jam setelah berhubungan seksual. Penyebab paling mungkin adalah tingkat testosteron yang lebih rendah pada pria setelah berhubungan dan pengurangan agresivitas yang dihasilkan.

Dari laman ini, dijelaskan juga seks bahkan dapat menjadi bantuan besar bagi para atlet yang sulit tidur malam sebelum kompetisi karena saraf mereka. Selama berhubungan seks, tubuh melepaskan endorfin yang membantu kamu rileks dan tidur lebih baik.

Dari menshealth, HiMedik juga menemukan sebuah riset yang mengatakan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga.

Salah satu studi tahun 2003 dari Cina menemukan kadar testosteron seorang pria tetap relatif stabil pada hari-hari setelah ejakulasi. Sebuah tinjauan di tahun 2016 menemukan banyak data yang saling bertentangan dan kurangnya bukti terkait hal ini.

Mengingat berbagai olahraga punya perbedaan metabolisme situasional yang berbeda, generalisasi sangatlah tak mungkin. Sebenarnya, tak ada masalah apakah seorang atlet berhubungan seks sebelum kompetisi, selama dia tak berhubungan seks tepat sebelum pertandingan.

Berita Terkait

Berita Terkini