Info

Mengapa Bekas Luka Susah Hilang?

Bekas luka ringan seperti gatal karena alergi, terkadang butuh waktu lama untuk menghilangkan bekasnya. Ini dia penyebabnya

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi bekas luka (shutterstock)
ilustrasi bekas luka (shutterstock)

Himedik.com - Bekas luka yang sulit hilang mungkin bisa dikaitkan dengan penyakit diabetes. Namun sebelum berpikir terlalu jauh, ada baiknya memerhatikan bekas luka seperti apa yang dimaksudkan.

Dikarenakan penyakit diabetes baru bisa dipastikan setelah kamu melakukan pemeriksaan gula darah. Itupun dengan keluhan khas seperti sering buang air kecil ketika malam hari, banyak minum dan makan.

Jika begitu mengapa susah hilang? Singkatnya, di saat tubuh terluka, akan terjadi post inflamatory hyperpigmentation (PIH) yaitu adanya bekas luka dengan warna kehitaman.

Bekas luka sebenarnya akan hilang dengan sendirinya. Tetapi akan membutuhkan waktu lama jika kamu tidak mengimbanginya dengan beberapa perlakuan.

Jadi, kalau kamu memiliki bekas luka namun dibiarkan begitu saja maka akan semakin lama hilangnya. Terlebih jika sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar UV akan merusak kulitmu.

Maka dari itu gunakan rangkaian perlindungan kulit dengan SPF yang mencukupi. Tak hanya itu, kelembapan kulit yang tidak diperhatikan juga akan membuat bekas luka semakin lama hilang. Hal tersebut dikarenakan jika kulit kering maka proses regenerasi sel juga akan menjadi sulit.

Padahal regenerasi sel itu penting supaya sel-sel kulit yang sudah mati segera tergantikan dengan sel yang baru.

Nah, hal itu juga berkaitan dengan asupan nutrisi kamu lho. Pasalnya vitamin C dalam buah berperan dalam proses regenerasi sel serta mempercepat dalam pembentukan jaringan baru pada bekas luka. 

sumber vitamin C (shutterstock)
sumber vitamin C (shutterstock)

Jadi jika selama ini kamu tidak memerhatikan hal-hal yang disebutkan di atas, ya jangan harap bekas luka segera hilang. Mulai sekarang yuk, banyak konsumsi buah dan sayur supaya kulitmu sehat dan bekas lukamu segera hilang!

Berita Terkait

Berita Terkini