Wanita

Empat Keluhan yang Umum Dialami Ibu Hamil Muda Seperti Raisa

Bagi ibu yang tengah hamil muda seperti Raisa umumnya akan merasakan beberapa keluhan.

Rauhanda Riyantama

Raisa dan Hamish Daud. (Instagram/raisa6690)
Raisa dan Hamish Daud. (Instagram/raisa6690)

Himedik.com - Kabar bahagia datang dari pasangan Raisa dan Hamish Daud. Pasalnya, mereka baru saja mengumumkan kehamilan pelantun tembang Mantan Terindah itu. 

Hamish Daud dan Raisa sama-sama mengunggah kabar tersebut lewat InstaStory. Netizen kemudian diarahkan ke akun YouTube Raisa, raisa6690.

Video tersebut memperlihatkan Raisa yang sedang berada di suatu ruangan dengan kamera terpasang di depannya. Kemudian ia memanggil suaminya, Hamish Daud.

Dalam video tersebut, disisipkan pula rekaman aktivitas Hamish Daud dan Raisa, mulai dari kesibukan pekerjaan masing-masing hingga gaya komunikasi mereka. Beberapa saat setelah itu, setting video kembali menunjukkan posisi Raisa dan Hamish di ruangan sebelumnya.

Raisa lalu tampak menunjukkan hasil test pack kepada Hamish Daud. Pria berusia 38 itu terkejut, terharu, kemudian memeluk istrinya. Keduanya pun saling berpelukan.

Video itu juga menunjukkan ekspresi bahagia keluarga Raisa ketika mengetahui putri mereka hamil.


YouTube/raisa6690

 

Di akhir video, tertuliskan,''God gave us a blessing; love. And from love, He trusts us with a little light that's growing ever stronger, from whom we will learn the meaning of unconditional love. Stay strong and healthy, our little soulmate''.

(Tuhan memberi kita berkat; cinta. Dan dari cinta, Dia mempercayai kita dengan sedikit cahaya yang semakin kuat, dari siapa kita akan belajar makna cinta tanpa syarat. Tetap kuat dan sehat, belahan jiwa kecil kami)

Video yang baru saja diunggah di akun YouTube itu, hingga artikel ini dibuat, sudah ditonton sebanyak lebih dari 1,5 juta kali.

Keluhan Umum Saat Hamil Muda

Nah, bagi ibu yang tengah hamil muda seperti Raisa umumnya akan merasakan beberapa keluhan. Kadar keluhan yang dialami tiap ibu juga berbeda, ada yang ringan dan juga berat. Berikut ulasannya seperti dirangkum Himedik dari berbagai sumber.

1. Mudah lelah

Salah satu keluhan yang sering dirasakan yaitu ibu hamil mudah lelah. Ada berbagai perubahan dalam tubuh ibu hamil yang dapat membuat mudah lelah, termasuk pembentukan plasenta, serta perubahan kadar hormon dan metabolisme secara alami. Ibu hamil dapat merasa selalu mengantuk sepanjang hari, tapi justru sulit tidur di malam hari.

dr Arie Adrianus Polim, D.MAS, SpOG(K) menjelaskan mudah lelah saat hamil muda bisa disebabkan peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan laju aliran darah dalam tubuh melambat secara drastis. Selain itu morning sickness yang membuat ibu hamil mual dan muntah sudah pasti menguras energi.

Selain itu, ibu hamil juga rentan mengalami anemia atau kurang darah. Akibatnya tentu ibu hamil lesu dan mudah capek. Soal lelah saat hamil muda seperti Raisa, Andrew Weil MD, Direktur Arizona Center for Integrative Medicine di University of Arizona menuturkan ini wajar dirasakan ibu saat kehamilannya memasuki trimester pertama, lalu kembali terasa di trimester ketiga. 

Untuk mengatasi hal ini, para ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang bergizi seperti buah atau sayur organik. Hindari makanan kaya karbohidrat yang mudah dicerna seperti roti tawar dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik.

2. Mual dan Muntah

Perubahan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dan estrogen, sensitivitas terhadap bau-bauan, lambung yang lebih sensitif, serta stres, dapat menjadi penyebab umum terjadinya mual dan muntah.

Untuk membantu meringankan rasa mual dan muntah, hindari berbaring setelah makan, konsumsilah makanan dalam porsi kecil tapi sering, dan makanlah dengan perlahan-lahan.

Usahakan untuk memilih makanan dengan kadar protein tinggi untuk meredakan gejala, bangun dari posisi rebah atau duduk secara perlahan-lahan, dan tidak langsung berdiri setelah bangun tidur pada pagi hari.

Kemudian hindari makanan berlemak, makanan pedas, gorengan, serta makanan asam yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Jangan lupa, sikat gigi dan berkumur setelah makan.

Selain itu, hindari makanan yang aromanya memicu mual, minumlah banyak air mineral tapi hindari minum secara sekaligus. Disarankan mengonsumsi minuman elektrolit yang mengandung banyak glukosa, garam, dan kalium untuk membantu mengembalikan elektrolit tubuh. Minum menggunakan sedotan mungkin dapat membantu mengurangi mual.

3. Keputihan

Ilustrasi keputihan. (iStock)
Ilustrasi keputihan. (iStock)

Meningkatnya kadar hormon estrogen dan aliran darah ke vagina membuat wanita hamil lebih sering mengalami keputihan. Cairan keputihan biasanya berasal dari vagina dan leher rahim yang mengandung sel-sel dari dinding vagina dan bakteri flora normal.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat keputihan saat hamil, disarankan menjaga kebersihan vagina dengan membasuhnya dari depan ke belakang setelah buang air kecil. Kemudian kenakan celana dalam yang nyaman, tidak sempit, dan yang menyerap keringat, serta hindari penggunaan celana yang ketat, sabun, pembersih vagina beraroma, serta tisu dan pantyliner beraroma.

4. Sering Beser

Beser dan inkontinensia (tidak bisa menahan hasrat buang air kecil) sering dialami ibu hamil. Ini disebabkan tekanan pada kandung kemih selama kehamilan yang membuat tempat penyimpanan urine jadi lebih kecil dan semakin sulit untuk menghentikan alirannya yang berakibat beser atau bahkan mengompol.

Kandung kemih terlalu aktif adalah salah satu alasan utama di balik inkontinensia urine selama kehamilan. Dengan demikian, perempuan perlu buang air kecil lebih dari biasanya karena kandung kemih kejang tak terkendali.

Untuk mengatasinya, bisa latihan kegel setiap hari, rutin beraktivitas fisik, menyilangkan kaki saat merasa hendak batuk atau bersin, berkemih pada waktunya, minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari, hindari makanan dan minuman yang bersifat diuretik dan jika dibutuhkan ibu yang hamil muda seperti Raisa bisa memakai pembalut. 

 

Itulah beberapa gejala umum yang dirasakan saat hamil muda seperti Raisa. Semoga bermanfaat ya moms!

Berita Terkait

Berita Terkini