Wanita

3 Manfaat Pilates, Olahraga yang Rutin Dilakukan Bunga Citra Lestari

Gerakan pilates akan menyeimbangkan kekuatan dengan mobilitas, menyelaraskan tubuh, menyempurnakan pola gerakan, dan memperkuat otot inti yang lebih dalam.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pilates.
Ilustrasi pilates.

Himedik.com - Selain menjaga wajah tetap glowing, Bunga Citra Lestari (BCL) juga menjaga kemolekan tubuhnya dengan olahraga pilates. Lewat Instagram, calon istri Tiko Aryawardhana itu beberapa kali mengunggah momen melakukan pilates.

Olahraga pilates memang belakangan tengah naik daun, seiring dengan banyaknya selebriti yang rutin melakukannya.

Dibuat pada awal abad ke-20 oleh Joseph Pilates, latihan fisik ini tergolong low-impact yang bertujuan untuk menciptakan kekuatan optimal melalui keseimbangan otot dan penyesuaian pola neuromuskular.

Gerakan pilates akan menyeimbangkan kekuatan dengan mobilitas, menyelaraskan tubuh, menyempurnakan pola gerakan, dan memperkuat otot inti yang lebih dalam. Itulah mengapa meski terlihat sederhana, latihan pilates cukup menantang.

Dilansir dari laman Women's Health, melakukan pilates secara rutin membawa sejumlah manfaat, tak cuma membantu menurunkan berat badan.

1. Memperkuat otot

Bagi Anda yang ingin memperkuat otot tapi takut terlihat bulky, pilates adalah pilihan yang tepat. Pilates terkenal karena penekanannya pada inti atau pusat tubuh. Semua otot di sekitar batang tubuh yang bila diperkuat dan dilenturkan, akan menopang dan menstabilkan tubuh.

2. Membuat tubuh lebih fleksibel

Pilates adalah tentang penguatan dan peregangan. Penelitian menunjukkan bahwa latihan ini memberikan manfaat besar dalam mengendurkan otot. Setelah hanya delapan minggu melakukan rutinitas Pilates, orang-orang menunjukkan peningkatan fleksibilitas dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness.

3. Meringankan rasa sakit

Pilates membantu meringankan sakit punggung kronis atau nyeri punggung. Rutinitas yang teratur juga dapat membantu mencegah cedera di kemudian hari dengan meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini