Info

Tak Hanya Cantik, Bunga Juga Bikin Kamu Makin Sehat, lho!

Ternyata hanya dengan melihat bunga, bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan lho!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Bunga matahari. (shutterstock)
Bunga matahari. (shutterstock)

Himedik.com - Wanita mana sih yang tidak suka bunga? Selain cantik, beberapa bunga bisa digunakan untuk pengobatan herbal, seperti coneflower dan lavender. Bahkan ada juga bunga yang bisa dimakan (edible flower), salah satunya yaitu marigold.

Nah, tidak hanya oral, manfaat bunga untuk kesehatan juga bisa didapatkan secara visual. Tidak percaya? Simak nih penjelasannya.

1. Mencegah kecemasan dan menenangkan

Melihat hamparan hijau memang sangat menyejukkan. Itulah mengapa banyak orang dari kota berbondong-bondong ingin liburan di daerah pedesaan.

Begitu pula dengan melihat bunga. Menurut beberapa penelitian, melihat bunga yang masih segar bisa mencegah perasaan cemas dan depresi.

Tak hanya itu, bunga yang diletakkan di dekat tempat tidur ternyata memberi efek yang menenangkan lho! Bagus nih buat kamu yang menderita insomnia.

bunga potong (pinterest)
bunga potong (pinterest)

Tapi pastikan yang kamu taruh adalah bunga potong. Hal ini dikarenakan, pada malam hari tumbuhan hidup mengeluarkan karbondioksida.

2. Menyembuhkan penyakit

Seperti yang telah disinggung di atas. Bahwa beberapa tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu contohnya adalah coneflower.

Echinacea/coneflower (pixabay)
Echinacea/coneflower (pixabay)

Menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menyebutkan bahwa echinacea (coneflower) memiliki kandungan fitokimia yang mana bermanfaat dalam melawan sel tumor yang bisa berkembang menjadi sel kanker.

Selain itu, peneliti dari University of British Columbia juga mengatakan bahwa mengonsumsi bunga echinacea secara teratur bisa meringankan dan menyembuhkan beragam jenis peradangan, lho!

3. Meningkatkan konsentrasi

Pernah tidak sih kamu berpikir mengapa di area perkantoran, di setiap sudut ruangan atau bahkan meja diberi tanaman hias atau bunga? Hal ini berkaitan dengan pasokan oksigen dalam ruangan yang diberikan tumbuhan dan nantinya juga akan dihirup oleh orang yang berada di ruangan tersebut.

bunga di ruang kerja (pinterest)
bunga di ruang kerja (pinterest)

Dengan begitu udara yang dihirup lebih berkualitas, oksigen mengalir lancar ke otak, sehingga konsentrasi meningkat.

Wah, banyak juga ya manfaatnya!

Berita Terkait

Berita Terkini