Info

Model Gigi Hadid Derita Tiroid, Ketahui Penyebab Penyakit Ini

Ketahui apa penyebab penyakit tiroid.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Gigi Hadid derita tiroid. (Footwear News)
Gigi Hadid derita tiroid. (Footwear News)

Himedik.com - Gigi Hadid, model Amerika Serikat menjadi salah satu model yang masuk dalam daftar Top 50 Models di Models.com. Wanita muda cantik dan berbakat ini diketahui pernah menjalin kasih dengan mantan personil One Direction, Zayn Malik.

Tak disangka, beberapa pekan lalu beredar kabar hubungan yang sudah kandas ini ternyata akan dilanjutkan dan masuk pada tahap pertunangan.

Terlepas dari kabar bahagia tersebut, dilansir dari beberapa situs, wanita kelahiran 23 tahun yang lalu itu tengah menderita tiroid.

HiMedik mengutip dari webmd terkait apa itu penyakit tiroid serta penyebabnya.

Kelenjar tiroid memengaruhi hampir semua proses metabolisme dalam tubuh. Gangguan tiroid dapat berkisar dari gondok kecil yang tak berbahaya sampai bisa menjadi kanker yang mengancam jiwa.

Masalah tiroid yang paling umum melibatkan produksi hormon tiroid yang abnormal. Terlalu banyak hormon tiroid dikenal sebagai hipertiroidisme. Produksi hormon yang tidak cukup menyebabkan hipotiroidisme.

Model cantik Gigi Hadid menderita tiroid. (Famous People)
Model cantik Gigi Hadid menderita tiroid. (Famous People)

Beberapa penyebab penyakit tiroid sebagai berikut.

Semua jenis hipertiroidisme disebabkan oleh kelebihan hormon tiroid, tetapi kondisi ini dapat terjadi dengan beberapa cara.

1. Penyakit Graves (Gangguan sistem kekebalan tubuh dari kelenjar berbentuk kupu-kupu di tenggorokan): Produksi hormon tiroid terlalu banyak.

2. Adenoma beracun: Nodul berkembang di kelenjar tiroid dan mulai mengeluarkan hormon tiroid, mengganggu keseimbangan kimia tubuh.

3. Tiroiditis subakut: Peradangan tiroid yang menyebabkan kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan hormon, menghasilkan hipertiroidisme yang umumnya berlangsung beberapa minggu tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan.

4. Kelenjar pituitari atau pertumbuhan kanker di kelenjar tiroid: Meskipun jarang, hipertiroidisme juga dapat berkembang dari penyebab ini.

Sedangkan penyebab hipotiroidisme, meliputi:

1. Tiroiditis Hashimoto: Pada gangguan autoimun ini, tubuh menyerang jaringan tiroid. Jaringan akhirnya mati dan berhenti memproduksi hormon.

2. Pengangkatan kelenjar tiroid: Tiroid mungkin telah diangkat secara operasi atau dihancurkan secara kimia.

3. Paparan berlebihan iodida: Dingin dan obat-obatan sinus. Kamu mungkin berisiko lebih besar untuk menderita hipotiroidisme jika kamu memiliki masalah tiroid di masa lalu.

4. Lithium: Obat ini juga telah menjadi salah satu penyebab hipotiroidisme.

Itu tadi informasi mengenai penyebab penyakit tiroid yang dialami model cantik Gigi Hadid. 

Berita Terkait

Berita Terkini