Info

Ingin Turunkan Berat Badan? Coba Olahraga Ini

Berenang selama 2 jam 30 menit setiap minggu bisa membantu menurunkan berat badan.

Rauhanda Riyantama

Berenang. (shutterstock)
Berenang. (shutterstock)

Himedik.com - Memiliki berat tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang berupaya mengurangi berat tubuh berlebih dengan berbagai cara, salah satunya olahraga.

Salah satu olahraga yang diyakini dapat membantu seseorang menurunkan berat badan adalah renang. Menurut American College of Sports Medicine, renang selama 2 jam 30 menit setiap minggu bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, untuk menurunkan berat badan lewat olahraga renang harus terlebih dahulu melalui fase kenaikan berat badan drastis. Seperti dilansir Livestrong, tekanan dalam air 12 kali lebih kuat daripada udara. Dan ini membuat segala pergerakan di dalam air menjadi lebih berat dan membutuhkan tenaga ekstra.

Ketika tenaga yang dikerahkan lebih banyak dalam waktu lama, maka sangat mungkin otot tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar. Pasalnya, berat otot melebihi berat lemak dalam tubuh. Ini membuat berat badan naik, bukan berarti gemuk, hanya tubuhnya menjadi lebih berisi.

Perkembangan otot dalam tubuh yang membuat berat badan seseorang bertambah dan bentuk tubuhnya terlihat lebih berisi, bukanlah hal negatif yang perlu dicemaskan.

Selain karena perkembangan otot, kenaikan berat badan juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat setelah olahraga. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika olahraga diimbangi dengan pola makan sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini