Info

5 Bahaya Minum Sambil Berdiri, Salah Satunya Gangguan Ginjal

Minum sambil berdiri bisa menyebabkan lambung kamu terluka. Kok bisa sih?

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

minum sambil berdiri (shutterstock)
minum sambil berdiri (shutterstock)

Himedik.com - Jika sedang dalam keadaan mendesak, minum sambil berdiri memang tidak bisa dihindari. Padahal sudah jelas hal itu berbahaya bagi kesehatan.

Selain dari segi kesehatan, minum sambil berdiri juga kurang cocok dengan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan. Maka dari itu sudah seharusnya kita minum sambil duduk.

Lalu apa saja sih bahayanya jika kita terpaksa minum sambil berdiri? Ini dia penjelasannya.

1. Perut kembung

Minum sambil berdiri membuat air masuk ke tubuh dengan cepat tanpa melewati dinding usus dengan baik. Kondisi tersebut akan membuat perut merasa tidak nyaman seperti kembung dan ingin muntah.

2. Lambung terluka

Tak hanya menyebabkan perut kembung, minum sambil berdiri menyebabkan air yang masuk ke lambung mengalir tidak merata sehingga membuat makanan dalam lambung sulit dicerna. Hal tersebut bisa melukai dinding lambung dan memicu peradangan lambung.

3. Terganggunya keseimbangan tubuh

Minum sambil berdiri juga menyebabkan tertekannya jaringan organ pada saraf pusat. Kondisi ini secara tidak langsung memaksa organ untuk terus bekerja menstabilkan keadaan tubuh. Akibatnya saraf tubuh stres dan memicu disfungsi saraf.

4. Gangguan ginjal

Ketika kamu minum, air yang masuk akan melewati filter penyaringan terlebih dahulu. Tetapi tidak demikian jika kamu minum sambil berdiri. Filter penyaringan ginjal tertutup sehingga air langsung mengalir ke kandung kemih.

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi nyeri perut karena gangguan ginjal (shutterstock)

Akibatnya, organ ginjal mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan air yang tidak melewati proses filter, mempermudah terjadinya penumpukan kotoran di ureter.

5. Perut sakit

Minum air sambil berdiri menyebabkan tenggorokan menyempit dan berkerut. Hal tersebut membuat makanan sulit hancur dan membuat perut terasa nyeri.

Setelah melihat efek buruknya bagi tubuh, sekarang masih mau minum sambil berdiri nih?

Berita Terkait

Berita Terkini