Info

Ternyata Ini Bahaya Menggunakan Behel

Jangan memakai behel tanpa anjuran dokter.

Agung Pratnyawan | Krishnayanti C

Ilustrasi (unsplash)
Ilustrasi (unsplash)

Himedik.com - Behel atau kawat gigi adalah alat yang digunakan untuk meratakan atau merapikan gigi. Untuk membuat gigi lebih baik dan membuat estetika wajah lebih serasi, maka banyak orang memilih menggunakan behel sebagai solusi kesehatan dan kecantikan gigi.

Sekarang ini, banyak remaja yang menggunakan behel sembarangan untuk kepentingan kecantikan. Asal membeli di sembarang tempat dengan harga yang murah demi mengikuti tren.

Padahal, membeli dan memakai behel sembarangan atau tidak sesuai aturan dokter akan membahayakan gigi dan mulut kamu. Berikut beberapa bahaya yang dapat terjadi.

1. Sarang kuman dan bakteri

Memakai behel dapat mengundang lebih banyak bakteri dan kuman bersarang serta mudah bertahan hidup di dalam mulut. Hal ini disebabkan karena dalam menggunakan behel dengan waktu yang cukup lama namun tidak rajin membersihkan mulut dengan obat kumur.

2. Gigi goyah

Gigi goyah juga dapat terjadi jika memasang behel tidak sesuai anjuran dokter. Karena ketika tulang yang memegang gigi mengalami perubahan ikut dengan kawat pencekat gigi pada bagian atasnya, yang terjadi justru gigi bisa jadi goyah.

3. Hepatitis

Pemasangan kawat logam pada gigi seringkali berbenturan dan menimbulkan luka kecil di bagian dalam pipi maupun pada bibir. Ketika luka kecil terjadi, kegiatan seksual seperti berciuman akan menjadi peluang masuknya penyakit hepatitis ke aliran darah.

4. Gangguan pencernaan

Pemakaian behel dengan kualitas rendah dapat menimbulkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan saat bahan atau material behel yang digunakan mengeluarkan reaksi, kemudian reaksi tersebut bereaksi terhadap air liur, reaksi itulah yang menjadi penyebab utama adanya masalah di bagian pencernaan.

5. Karang gigi

Karang gigi pada pengguna behel muncul karena kawat logam yang berada di gigi bagian bawah sulit dibersihkan sehingga sisa makanan tertumpuk di bagian ini. Kemudian dalam kondisi ini, fleg coklat pada gigi menumpuk dan menyebabkan karang gigi.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan behel, konsultasikan ke dokter gigi. Jangan sembarangan menggunakan behel apalagi dengan kualitas rendah.

Berita Terkait

Berita Terkini