Info

Sendawa Wajar Tidak Sih?

Terkadang kita tiba-tiba bersendawa padahal sedang tidak mengonsumsi apa-apa. Wajar tidak sih?

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi sendawa (shutterstock)
ilustrasi sendawa (shutterstock)

Himedik.com - Perut kenyang setelah makan biasanya disertai dengan sendawa itu wajar terjadi. Namun, di beberapa kondisi terkadang seseorang juga bersendawa. Nah, sebenarnya wajar tidak sih?

Perlu kamu tahu, sendawa merupakan salah satu cara alami tubuh mengeluarkan gas berlebih dalam tubuh. Kondisi tersebut merupakan pertanda baik. Pasalnya jika gas tidak dikeluarkan akan mengakibatkan perut kembung atau bahkan nyeri perut.

Sendawa sendiri terjadi akibat kita menelan udara (aerophagia). Udara yang mengandung oksigen dan nitrogen lalu masuk ke saluran pencernaan.

Selanjutnya lambung akan mendorong gas-gas tersebut menuju kerongkongan dan keluar melalui mulut dalam bentuk sendawa. Selain itu, sendawa juga bisa terjadi karena beberapa hal.

Di antaranya seperti mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa makanan yang kaya serat, tepung, dan gula seperti brokoli, pisang, kisimis, juga bisa menyebabkan sendawa.

Demikian juga minuman yang tinggi gula, seperti soda juga bisa menyebabkan seseorang bersendawa. Jadi, dapat disimpulkan sendawa itu wajar saja terjadi, karena hal tersebut merupakan bentuk respon alami tubuh mengeluarkan gas berlebih di lambung.

Lain cerita jika sendawamu sudah berlebihan. Itu bisa menjadi pertanda kamu menderita gangguan lambung. Seperti asam lambung naik dan gastritis (radang dinding lambung). 

perbedaan lambung normal dan gastritis (YouTube)
perbedaan lambung normal dan gastritis (YouTube)

Selain itu, berikut beberapa penyakit yang berkaitan dengan sering bersendawa.

1. Intoleransi Laktosa

Merupakan keadaan lambung yang tidak mampu mencerna laktosa dalam susu.

2. Sindrom Dumping

Merupakan keadaan pengosongan lambung yang terjadi secara cepat, padahal isi belum tercerna dengan baik.

3. Gastroparesis

Suatu kondisi otot dinding lambung melemah karena saraf yang mengatur fungsi lambung rusak. Sehingga pencernaan pun menjadi melambat.

Jadi, jika sendawamu sudah berlebihan lebih baik segera ke dokter supaya mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini