Info

Ada yang Suka Tertawa Berlebihan? Awas Bahaya Mematikan Ini

Ketika tertawa otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang jika terlalu banyak dapat meracuni jantung.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi tertawa berlebih. (iStock)
Ilustrasi tertawa berlebih. (iStock)

Himedik.com - Tahukah kamu, tertawa berlebihan atau terbahak-bahak bisa menyebabkan detak irama jantung menjadi abnormal, yang mana hal tersebut dapat mematikan?

Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, ketika kamu tertawa otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang jika terlalu banyak dapat meracuni jantung. Kondisi emosi yang begitu kuat, akibatnya akan membahayakan kesehatan jantung. 

Selain itu, ada beberapa efek buruk kesehatan lainnya akibat tertawa berlebihan. Berikut ulasannya.

1. Pneumotoraks

Pada penderita asma, tertawa berlebihan dapat memicu serangan asma yang menyebabkan pingsan. Bahkan, beberapa kasus dapat menyebabkan pneumotoraks, yaitu penimbunan udara pada dinding pleura yang dapat memicu pengempisan paru-paru.

Jika kamu mengalami hal ini, mungkin akan kolaps atau pingsan di tempat.

2. Mengundang aneurisma pada otak

Aneurisma terjadi akibat pelebaran pembuluh darah arteri yang akan terjadi ketika otak dan sistem pernapasan tidak mampu mengendalikan hormon adrenalin dari efek tertawa.

Dalam kasus yang biasa terjadi, aneurisma akan pecah akibat tekanan yang terdapat pada tengkorak otak ketika tertawa.

3. Bisa terkena hernia

Selama tertawa, perut akan menimbulkan kontraksi otot dan akan menyebabkan tekanan pada dinding perut lebih kuat. Akibatnya, usus juga akan tertekan dan menonjol pada bagian bawah perut. Hal inilah yang dinamakan hernia.

Meskipun banyak orang yang masih bisa hidup baik-baik saja bersama penyakit hernia, tapi kamu kan jadi susah tertawa. Karena pada saat tertawa kemungkinan komplikasi akan terjadi. Bahkan, dampak buruknya dapat mengakibatkan kematian karena kurangnya pasokan darah ke usus.

Berita Terkait

Berita Terkini