Info

Stres Karena Bokek Bisa Buat Sakit Fisik, Ini Penjelasannya

Stres karena sedang bokek ini bisa memicu sakit fisik.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi stres. (shutterstock)
Ilustrasi stres. (shutterstock)

Himedik.com - Khusus bagi para pekerja kantoran, biasanya tanggal tua menjadi momok tersendiri. Hal ini terjadi tidak lain dikarenakan pasokan keuangan mulai menipis.  

Berbicara mengenai masalah keuangan tentu bisa menyebabkan stres. Bahkan, stres karena sedang bokek ini bisa memicu sakit fisik. Beberapa penelitian juga sudah membuktikannya.

Para peneliti yang melihat bahwa isu keamanan ekonomi semakin meluas dan banyak orang mengeluh sakit fisik, membuat mereka memulai melakukan penelitian ini. Beberapa hipotesis yang tercipta adalah mungkin ada hubungan antara masalah keuangan dan sakit secara fisik.

Sebuah tim penelitian dari University of Virginia, melakukan enam kali percobaan yang berbeda untuk membandingkan keamanan ekonomi dengan uang yang dibelanjakan untuk obat penghilang rasa sakit.

Ilustrasi bokek. (shutterstock)
Ilustrasi bokek. (shutterstock)

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengangguran menghabiskan 20 persen lebih banyak uang dari mereka yang keuangannya aman.

Studi lain juga menemukan bahwa setiap individu melaporkan hampir dua kali lipat tingkat rasa sakit selama periode keuangan yang kurang stabil.

Temuan ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa secara fisik, sakit karena masalah ekonomi itu tidak aman.

Para peneliti menyarankan untuk tidak terlalu berfokus pada perasaan bokek yang sedang dirasakan, melainkan menikmatinya saja jika tidak mau terbebani dengan stres.

Nah, kalau tidak mau sakit secara fisik, jangan terlalu stres jika sedang terkena masalah keuangan, bokek, atau bahkan sedang banyak hutang.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Stres Karena Sedang Kere Bikin Sakit Fisik, Ini Penjelasannya

Berita Terkait

Berita Terkini