Info

Jarang Terdeteksi, Ini 4 Gejala Kanker Payudara pada Pria

Lihat gejala kanker payudara pada pria.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Gejala kanker payudara pada pria. (Delhi Daily News)
Gejala kanker payudara pada pria. (Delhi Daily News)

Himedik.com - Kanker payudara jarang terjadi pada pria tetapi tak menutup kemungkinan jika pria juga bisa mengidap kanker payudara.

Hal ini juga dikemukakan oleh Dr Kristen Fernandez, direktur medis pusat payudara di MedStar Franklin Square Medical Center di Maryland.

''Pria berpikir mereka tidak memiliki jaringan payudara padahal jaringan itu ada pada wanita dan juga pria,'' ungkapnya.

Laki-laki memiliki lebih sedikit jaringan payudara daripada perempuan, sehingga risiko mereka terkena kanker payudara relatif lebih jarang.

Terkait dengan itu, kali ini HiMedik punya informasi nih tentang 4 gejala kanker payudara pada pria seperti dilansir dari menshealth.

1. Puting susu terbalik

Ketika tumor kanker payudara tumbuh, ia mulai menarik ligamen di dalam payudara, menyebabkan puting terbalik atau menjadi penyok.

Kadang-kadang, puting terbalik akan disertai dengan kulit kering dan bersisik di daerah tersebut.

Gejala kanker payudara pada pria. (saludmovil.com)
Gejala kanker payudara pada pria. (saludmovil.com)

2. Cairan dari puting

Noda di baju dekat area puting bisa disebabkan oleh cairan tumor yang menumpuk dan akhirnya bocor kemudian keluar dari puting.

3. Luka terbuka

Dalam kasus yang ekstrim, biasanya terdapat luka terbuka pada puting karena tumor.

''Itu gejala kanker yang agak diabaikan,'' jelas Fernandez. Karena laki-laki memiliki jaringan payudara yang sangat sedikit, ada kemungkinan tumor terdorong melalui kulit.

4. Benjolan

Benjolan di dada menjadi gejala kanker yang paling umum. Biasanya tanpa rasa sakit dan terasa lembut terutama ketika disentuh. Jika kanker telah menyebar, pembengkakan dapat ditemukan di bawah ketiak, di kelenjar getah bening atau di sekitar tulang leher.

Berita Terkait

Berita Terkini