Info

Tas yang Kamu Kenakan Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan lho

Jangan sembarangan menggunakan tas. Pilih yang sesuai dengan berat barang bawaanmu

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

pekerja dengan tas (lifestyle)
pekerja dengan tas (lifestyle)

Himedik.com - Orang-orang memilih tas biasanya berdasarkan dari harga dan rupa. Padahal asal kamu tahu nih, tas yang kamu kenakan ada pengaruhnya terhadap kesehatan lho. Simak nih penjelasannya.

1. Tas ransel

Penggemar tas ransel perlu tahu nih, kalau kamu tidak boleh menggendong ransel dengan berat lebih dari 20% dari berat badan. Sebagai saran, pilih ransel yang talinya besar dan empuk supaya nyaman ketika digendong.

Pilih juga yang bisa diatur panjang pendeknya serta pastikan ujung tas menyentuh bagian torso, supaya berat tas dapat dirasakan merata oleh tubuh.

tas ransel (bricklanebikes)
Tas ransel. (bricklanebikes)

2. Tas selempang

Biasanya para wanita menyebut jenis tas satu ini dengan sebutan sling bag. Bentuknya dan ukurannya beragam. Namun ada juga yang berukuran besar seperti tas selempang untuk sekolah.

Praktisi chiropraktik di Performance Spine and Sports Medicine, Kristy Root mengatakan bahwa menggunakan tas selempang bisa mengurangi rasa sakit ketika menggendong tas.

Hal ini dikarenakan berat tas terbagi rata ke seluruh tubuh. Namun Kristy juga menyarankan agar pengguna mengganti bahu yang menopang tas agar bahu tidak terus-terusan terbebani.

Ia juga mengimbau supaya wanita tidak menggendong tas yang beratnya tidak lebih dari 10% dari berat badannya.

tas selempang (iLoveSales)
Tas selempang. (iLoveSales)

3. Tas jinjing

Biasanya para pekerja kantoran lebih memilih menggunakan tas jinjing. Nah, kamu perlu tahu kalau tidak disarankan untuk membawa tas dengan berat lebih dari 5% dari berat badan.

Jadi perhatikan barang bawaanmu ya, karena menggunakan tas jinjing bisa mengakibatkan sakit pada pundak dan leher.

Itu dia macam-macam tas dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Patikan untuk memilih tas yang sesuai dengan berat barang bawaanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini