Info

Manfaat Menakjubkan di Balik Menangis

Menangis selalu dikaitkan dengan hal negatif. Padahal dengan menangis perasaan bisa menjadi lebih baik.

Tinwarotul Fatonah | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi menangis (shutterstock)
ilustrasi menangis (shutterstock)

Himedik.com - Menangis erat kaitannya dengan perasaan sedih. Ada juga orang menangis karena perasaan bahagia yang berlebihan. Tak sekadar ungkapan perasaan, menangis ternyata juga memberikan dampak positif bagi kesehatan, lho.

Perlu kamu ketahui bahwa ada tiga jenis air mata yang dihasilkan tubuh manusia. Pertama yaitu air mata basal. Merupakan air mata yang diproduksi secara teratur/kontinu untuk melubrikasi mata dan menjaga mata dari infeksi.

Tak hanya itu, air mata jenis ini juga menjaga kelembapan hidung. Air mata akan melewati saluran khusus, supaya area tersebut terbebas dari bakteri. Hal ini dikarenakan air mata basal mengandung lisozim yang mana berperan sebagai anti bakteri.

Kedua yaitu air mata emosional. Air mata ini mengandung hormon yang diproduksi ketika sedang stres dan 98 persennya terdiri dari air.

Ketiga yaitu air mata refleks. Air mata ini keluar ketika mata terkena sesuatu sehingga ia akan bertugas membersihkan mata dari partikel berbahaya. Seperti debu, asap, dan sebagainya.

Ilustrasi menangis. (Pinterest)
Ilustrasi menangis. (Pinterest)

Lalu, bagaimana dengan menangis?

Menangis termasuk dalam air mata emosional. Jadi bisa dikatakan ketika kamu menangis, maka bersama itu pula stres akan dilepaskan. Hal ini diperkuat dengan adanya studi yang mengatakan bahwa menangis dapat merangsang hormon endorfin (hormon pembunuh rasa sakit) keluar.

Studi lain datang dari seorang ahli biokimia di St. Paul-Ramsey Medical Centre, Minnesota bernama Dr. William H. Frey II yang melakukan penelitian mengenai air mata. Hasilnya adalah terdapat perbedaan komposisi kimia antara air mata karena iritasi dan air mata karena stres atau emosi.

Air mata emosional mengandung leusin enkefalin, dasar protein hormon prolaktin, dan hormon ACTH (adrenokortikotropik). Yang mana semunya diproduksi ketika sedang dalam keadaan stres.

Ilustrasi menangis. (Pinterest)
Ilustrasi menangis. (Pinterest)

Pengeluaran ACTH melalui air mata rupanya mampu menurunkan kadar hormon stres (kortisol). Sehingga dengan menangis, perasaan akan menjadi lega dan suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi mulai sekarang jangan menahan tangisan karena takut dianggap cengeng. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menangis kok!

Berita Terkait

Berita Terkini