Info

Sering Bawa Smartphone ke Toilet? Waspada Bahaya Ini

Banyak bahaya yang mengintai dari kebiasaan membawa smartphone ke toilet.

Rauhanda Riyantama

Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)
Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)

Himedik.com - Tak bisa dipungkiri, smartphone saat ini tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, bangun tidur saja smartphone adalah benda yang pertama kali dicari. 

Bahkan, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah membawa smartphone ke toilet. Hal ini dilakukan karena akan menghabiskan waktu cukup lama selama berada di toilet, sehingga rasanya akan mati gaya jika tidak ada smartphone yang bisa dimainkan.

Entah untuk mendengarkan musik, sekedar browsing, maupun untuk bermain media sosial. Namun, ternyata banyak sekali bahaya yang mengintai dari kebiasaan membawa smartphone ke toilet.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona, setidaknya sembilan dari 10 smartphone yang dibawa ke toilet berpotensi membawa virus penyakit. Virus penyakit ini disebabkan oleh mikroba, dan 16 persen di antaranya dinyatakan positif merupakan kotoran.

Ilustrasi smartphone di toilet. (MoneyMagpie)
Ilustrasi smartphone di toilet. (MoneyMagpie)

Bakteri di smartphone adalah kuman yang bisa mengirimkan virus novo, salmonella, shigella, hepatitis A, MRSA. flu perut, dan e-coli.

Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan menyentuh smartphone setelah selesai mengguyur atau membersihkan kotoran. Memang sudah mencuci tangan dengan sabun, namun smartphone tetap saja sudah terkontaminasi sebelumnya.

Para peneliti menambahkan, kuman dari smartphone yang berada di toilet bisa saja berakhir di mulutmu sendiri.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Berbahaya, Jangan Sering Membawa Smartphone Ke Toilet

Berita Terkait

Berita Terkini