Info

Tidur Tanpa Bantal Menguntungkan Bagi Kesehatan

Berani mencoba?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Manfaat tidur tanpa bantal. (G9Sleeptight.com)
Manfaat tidur tanpa bantal. (G9Sleeptight.com)

Himedik.com - Tidur tanpa bantal pasti belum sering dilakukan banyak orang. Padahal, tidur tanpa bantal bisa membawa banyak manfaat.

Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami kurang tidur yang biasa menyebabkan sakit kepala di saat bangun. Nah, salah satu cara untuk menyembuhkan ini adalah dengan tidur tanpa bantal.

Nah, bukan hanya menyembuhkan sakit kepala. Manfaat tidur tanpa bantal lainnya akan diulas HiMedik di bawah ini.

1. Mengobati sakit leher, kepala dan punggung

Sering bangun tidur dengan leher atau punggung yang sakit? Kamu mungkin harus mencoba untuk tidur tanpa bantal.

Tidur tanpa bantal akan membantu leher sejajar dengan punggung. Jika kamu menggunakan bantal yang tipis, aliran darah ke kepala akan menurun.

Tidak hanya itu, aliran udara juga akan mengalami penurunan secara signifikan. Inilah yang akan membuat kamu merasa pusing atau bahkan sakit kepala.

Di sisi lain, menggunakan bantal yang tebal atau yang ditumpuk beberapa akan merusak posisi tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit di punggung.

Tidur seperti ini untuk posisi yang lama akan menyebabkan sakit punggung dan ketegangan otot. Yang lebih parah, kamu bisa saja menderita kelainan tulang akibat ini.

Untuk itu, cobalah untuk singkirkan bantal dan tidurlah tanpa bantal mulai sekarang.

Manfaat tidur tanpa bantal. (Snoring Canada)
Manfaat tidur tanpa bantal. (Snoring Canada)

2. Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik

Ketika kita menggunakan bantal yang tidak memberikan dukungan yang tepat, tubuh harus mengimbanginya dengan menarik otot leher atau punggung. Hal ini menyebabkan lebih banyak tekanan pada tubuh.

Saat mendapat tekanan berlebihan untuk jangka waktu lama, rasa sakit menjadi kronis. Untuk menghilangkan rasa sakit ini, kamu perlu berkonsultasi ke dokter dan mengubah kebiasaan tidurmu.

Tidak menggunakan bantal saat tidur akan memungkinkan tubuh menemukan posisi optimal untuk beristirahat. Tidur pun jadi lebih berkualitas dan ini akan membuat kamu lebih awet muda.

3. Manfaat bagi kulit

Dengan menekan wajah ke permukaan bantal, pori-pori kulit menjadi lebih susah untuk bernapas. Ini menghasilkan peningkatan keringat dan pembentukan lemak serta minyak di wajah yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Komedo juga terbentuk di pori-pori kulit apalagi jika sarung bantalmu jarang diganti. Tidur tanpa bantal bisa mencegahmu dari beberapa masalah ini.

4. Mencegah stres

Stres juga bisa terjadi karena posisi tidur yang salah. Kualitas tidur yang buruk bisa membuat kamu merasa sakit kepala yang bisa berujung pada stres.

Hindari penggunaan bantal saat tidur mulai sekarang dan dapatkan manfaatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini