Info

Baiknya Kompres Air Hangat atau Dingin untuk Turunkan Demam?

Banyak orang mengira kompres hangat dan dingin itu sama saja. Padahal efeknya berbeda.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi anak demam (shutterstock)
ilustrasi anak demam (shutterstock)

Himedik.com - Demam merupakan salah satu gejala adanya penyakit tertentu. Penanganan demam yang paling dasar dan umum adalah dengan cara mengompres dahi penderita. Hal tersebut dimaksudkan agar demam bisa reda dan suhu tubuh kembali normal.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah suhu air untuk mengompres sebaiknya panas atau dingin? Dikarenakan beberapa orang lebih memilih menggunakan air hangat, sebagian lain menggunakan air dingin. Begini penjelasannya.

Kompres dengan air dingin biasanya digunakan pada area tubuh yang memar atau bengkak. Hal ini dikarenakan suhu rendah akan merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah yang menuju lokasi cedera juga akan melambat.

Melambatnya aliran darah akan menyebabkan zat perangsang inflamasi berkurang sehingga mengurangi nyeri dan bengkak.

Di waktu yang bersamaan, peradangan akibat cedera akan membuat pembuluh darah rusak dan menyebabkan sel-sel darah keluar dari pembuluh darah. Itulah mengapa kulit menjadi kebiruan (memar).

ilustrasi kompres dingin (iStock)
ilustrasi kompres dingin (iStock)

Nah, fungsi kompres dingin di sini untuk menurunkan jumlah darah yang keluar tersebut. Jadi, rasanya tidak cocok jika kompres dingin digunakan untuk menurunkan demam.

Pasalnya ketika demam, suhu tubuh meningkat dan yang dikompres adalah bagian dahi. Lalu apakah cocok dengan kompres air hangat?

Faktanya, suhu hangat dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan membantu mengeluarkan panas dari tubuh, sehingga metode ini cocok dilakukan untuk menurunkan demam.

Suhu yang disarankan untuk mengompres sekitar 40 hingga 50 derajat celcius dalam waktu kompres tidak lebih dari 20 menit.

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan bahwa untuk menurunkan demam yang benar adalah menggunakan kompres panas bukan dingin.

Berita Terkait

Berita Terkini