Info

Benarkah Menekuk Kaki Setelah Olahraga Menyebabkan Varises?

Varises merupakan keadaan melebar dan membengkaknya pembuluh darah vena

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi menekuk kaki setelah olahraga (iStock)
ilustrasi menekuk kaki setelah olahraga (iStock)

Himedik.com - Banyak orang mengatakan bahwa menekuk kaki setelah olahara akan menyebabkan varises. Informasi seperti itu sebenarnya benar tidak sih? Pasalnya hingga saat ini hal tersebut masih dipercaya kebenarannya.

Varises merupakan keadaan melebarnya dan membengkaknya pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di bagian kaki akibat adanya penumpukan darah.

Menurut para ahli, orang dengan varises pembuluh venanya bisa terlihat menonjol berwarna ungu tua atau biru. Dalam banyak kasus, bentuknya menyerupai tali berpilin atau simpul.

Varises disebabkan oleh besarnya tekanan ketika sedang berdiri atau berjalan. Selain itu, varises juga bisa disebabkan akibat rusak atau lemahnya katup vena.

Padahal pembuluh darah vena berperan penting dalam mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

varises (shutterstock)
varises (shutterstock)

Dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah supaya darah yang sudah lewat tidak kembali lagi. Nah, karena rusak atau lemah, darah tersebut bisa kembali dan terjadilah penumpukan darah di vena.

Sehingga, lama kelamaan bisa menyebabkan pembuluh darah vena melebar. Lalu apakah menekuk kaki setelah olahraga menyebabkan pembuluh vena melebar atau bengkak?

Faktanya, menurut para ahli meluruskan kaki setelah olahraga dimaksudkan untuk menghindari kram atau nyeri. Jadi, kabar mengenai menekuk kaki setelah berolahraga menyebabkan varises itu tidak benar ya guys!

Meski demikian, kamu harus tetap berhati-hati dan selalu jaga kesehatan ya!

Berita Terkait

Berita Terkini