Info

Mudah Didapat, Lima Makanan Ini Bantu Kamu Atasi Sembelit

Kalau kamu sering sembelit, mending coba makan makanan ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Atasi sembelit dengan makanan ini. (Medical News Today)
Atasi sembelit dengan makanan ini. (Medical News Today)

Himedik.com - Masalah sembelit sudah sangat umum terjadi saat ini. Seseorang mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Ini berarti kamu harus melihat kembali makanan apa yang telah kamu konsumsi sejauh ini. Masalah yang sering dialami adalah kamu kekurangan serat.

Berikut HiMedik telah siapkan lima makanan yang bisa membantu kamu mengatasi sembelit, seperti dilansir dari medicaldaily.

1. Oatmeal

Menurut Dr. Nitin Kumar, seorang dokter penunjang berat badan dan ahli gastroenterologi, ada dua jenis serat yang harus dikonsumsi, yakin serat larut dan tidak larut.

Keduanya dapat membantu mengatasi konstipasti atau sembelit dan oatmeal adalah jawabannya. Oatmeal mengandung kedua serat ini.

Serat larut dapat membantu melembutkan makanan sehingga dengan mudah melalui usus sedangkan serat tidak larut punya peran dalam menambah ampas di sistem pencernaan sehingga melancarkan perjalanan melalui usus.

2. Popcorn

Kamu mungkin senang mendengar ini karena camilan rendah kalori ini merupakan salah satu makanan kaya serat yang bisa kamu nikmati.

Satu cup popcorn mengandung 31 kalori, 1 gr protein, 6 gr karbohidrat dan 1,2 gr serat. Tapi pastikan untuk berhati-hati dengan campuran rasa manis atau penggunaan mentega yang terlalu banyak.

Namun, kamu juga harus ingat bahwa konsumsi camilan ini juga bisa meningkatkan asupan kalori karena mengandung pemanis buatan dan lemak trans.

Atasi sembelit dengan makanan ini. (blogiism)
Atasi sembelit dengan makanan ini. (blogiism)

3. Plum

Buah yang lagi hits untuk diet ini juga bisa mengatasi sembelit. Plum tidak hanya kaya serat, tapi juga mengandung gula yang difermentasi yang dapat membantu meningkatkan fungsi gastrointestinal.

Dalam sebuah studi 2014 , peserta yang telah mengalami sembelit diminta untuk makan sekitar 100 gr per hari. Setelah tiga minggu, frekuensi tinja mereka menunjukkan banyak perbaikan.

4. Kacang

Kacang dapat membantu sistem pencernaan meskipun bisa saja kamu mengalami kembung.

''Kamu mungkin mengalami ini sebelum merasa lebih baik'', kata Dr. Elizabeth Blaney, seorang gastroenterolog dan asisten profesor klinis kedokteran di University of Pittsburgh.

5. Berries

Buah- buah seperti raspberry, blackberry dan stroberi kaya antioksidan yang bisa membantu kamu melawan sembelit. Hal ini diungkapkan oleh Sharon Palmer, ahli diet terdaftar dalam nutrisi nabati.

Kontraksi usus besar bekerja pada tingkat tertinggi di waktu pagi sehingga pastikan kamu mengonsumsi makanan berserat pada saat itu.

Berita Terkait

Berita Terkini