Info

Ini Lima Aplikasi Kesehatan Mental yang Wajib Dicoba

Kesehatan tak hanya mencakup jasmani saja, tetapi juga mental.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kesehatan mental. (wsj.com)
Ilustrasi kesehatan mental. (wsj.com)

Himedik.com - Di tengah kehidupan manusia modern yang semakin dimanjakan oleh teknologi, membuat mereka lalai untuk melakukan aktivitas.

Padahal, jika semakin banyak aktivitas yang dilakukan maka tubuh akan banyak bergerak. Efeknya tubuh makin sehat dan bertenaga. 

Perlu dicatat, kesehatan tak hanya mencakup jasmani saja, tetapi juga mental. Sebab, jika salah satu ada yang terbengkalai bisa dipastikan akan berdampak buruk. 

Memang, hidup di zaman yang serba canggih seperti saat ini sudah bermunculan berbagai aplikasi kesehatan jasmani yang menunjang berbagai jenis olahraga, seperti lari dan fitnes. 

Namun, masih sangat jarang aplikasi yang khusus untuk kesehatan mental. Setelah Himedik telusuri, berikut aplikasi kesehatan mental yang wajib dicoba. Berikut ulasannya.

1. Calm

Calm. (Google Play Store)
Calm. (Google Play Store)

Calm menjadi aplikasi populer yang pernah mendapat predikat ''App of the Year'' dari Apple. Aplikasi ini dibuat untuk membantu menangani gangguan kecemasan dan mampu membuat tidur semakin nyenyak.

Di aplikasi ini juga dapat melakukan meditasi, relaksasi, dan tidur yang cocok untuk ketenangan mental. Bahkan, bisa menemukan panduan melakukan meditasi, musik-musik penenang jiwa, dan cerita-cerita pengantar tidur yang dapat membuat hidupmu menjadi lebih bahagia, tenang, dan rileks.

2. SuperBetter

SuperBetter. (Google Play Store)
SuperBetter. (Google Play Store)

Memiliki metode yang berbeda, SuperBetter hadir dengan konsep game yang mampu meningkatkan fokus, optimisme, dan motivasi hidup. Aplikasi ini diklaim mampu memperbaiki suasana hati, mengatasi kecemasan, dan stres.

Selain itu, SuperBetter juga mampu meningkatkan kepercayaan diri. Aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan oleh orang-orang yang didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan dan trauma.

3. Pacifica

Pacifica. (Google Play Store)
Pacifica. (Google Play Store)

Pacifica membantu untuk memahami gangguan kecemasan dan stres dari dalam pikiran, sehingga diharapkan bisa berhenti mengulang kebiasaan dan pemikiran buruk dengan metode meditasi dan relaksasi.

Aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran setiap hari melalui audio untuk mencegah stres dan gangguan kecemasan lainnya.

4. Headspace

Headspace. (Google Play Store)
Headspace. (Google Play Store)

Headspace dapat membantu untuk melakukan meditasi dengan tujuan agar aktifitas dapat berjalan dengan baik setiap harinya.

Aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk menjaga pikiran tetap segar, mengurangi stres, dan membangun hubungan dengan seseorang.

Developer aplikasi ini mengklaim mampu membuat konsentrasi dan fokus meningkat dalam waktu tiga minggu.

5. Moodpath

Moodpath. (Android Authority)
Moodpath. (Android Authority)

Aplikasi Moodpath membantu untuk membangun mood menjadi lebih baik sekaligus membuat tidak down karena depresi.

Dalam aplikasi ini juga akan mendapat beberapa pertanyaan untuk menganalisis tingkat kebahagiaan, seandainya si penderita memiliki gejala depresi.

Moodpath diklaim mampu memberikan hasil dalam dua minggu mengenai kesehatan mental. Hasil ini yang akan menjadi rujukan, apakah orang itu membutuhkan bantuan profesional atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan ratusan video psikologi yang berguna untuk lebih memahami perasaan. Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan pengguna iOS.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Hidup Lebih Tenang dengan Aplikasi Kesehatan Mental Ini

Berita Terkait

Berita Terkini