Info

Sayangi Ginjalmu dengan Rajin Konsumsi Sayur dan Buah Ini

Perhatikan, tidak semua buah bisa kamu makan lho!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jaga kesehatan ginjal. (Live Love Fruit)
Jaga kesehatan ginjal. (Live Love Fruit)

Himedik.com - Ginjal adalah filter alami tubuh. Fungsinya membuang bahan limbah berbahaya dari aliran darah dan menyeimbangkan cairan tubuh.

Ginjal memproses sekitar 200 liter darah setiap hari, menurut situs web National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse.

Pada kebanyakan orang, diet yang sehat dan seimbang akan menjaga ginjal bekerja dengan baik. Di sisi lain, kondisi medis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dapat membahayakan kesehatan ginjal dan mengharuskan kamu untuk melakukan perubahan pola makan.

Mengidentifikasi makanan dan minuman yang berkontribusi terhadap kesehatan ginjal yang optimal dapat meningkatkan fungsi organ ini.

National Kidney Foundation (NKF) menyarankan kamu minum cukup cairan untuk menjaga urin tetap berwarna kuning muda atau tidak berwarna. Air yang disaring, susu rendah lemak dan juga air yang terkandung dalam buah maupun sayur termasuk cairan yang sehat untuk tubuh.

Studi tahun 2012 mengatakan jus cranberry berhubungan dengan kesehatan ginjal. Namun NKF hanya menyarankan minum air untuk mencegah akumulasi bakteri yang menyebabkan ISK.

Produk segar tidak hanya tinggi kandungan air tetapi juga mengandung nutrisi kuat seperti vitamin C dan flavonoid yang mendukung kesehatan semua organ termasuk ginjal.

Beberapa sayur yang bisa menjaga kesehatan ginjal, antara lain:

1. Kubis
2. Bunga kol
3. Paprika merah
4. Seledri
5. Asparagus
6. Timun
7. Terong

Pisang. (shutterstock)
Pisang. (shutterstock)

Hindari penggunaan garam yang terlalu banyak. Sering-sering gunakan bawang putih cincang dan sedikit minyak zaitun.

Beberapa buah juga bisa membantu fungsi ginjal agar lebih baik, misalnya:

1. Berries, seperti blueberry, blackberry, raspberry dan stroberi
2. Anggur
3. Apel
4. Semangka
5. Apel

Selain itu, fungsi ginjal juga akan lebih baik jika mengurangi asupan protein dari daging. Karena penyakit ginjal sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kamu juga harus memerhatikan asupan natrium.

Selain natrium, kalium, potassium dan fosfor adalah mineral lain yang dapat memperburuk masalah ginjal. Pisang, jeruk dan buah-buahan kering tinggi potassium. Sayuran dengan kadar potassium tinggi termasuk tomat dan bayam.

Hindari makanan kaleng atau beku dan juga olahan seperti bacon dan sosis. Batasi juga makanan seperti keju, susu dan yogurt serta tiram, sarden dan hati.

Berita Terkait

Berita Terkini