Info

Kapan Seharusnya Minum Kopi?

Sebenarnya tubuh butuh kafein ketika kadar hormon kortisol menurun.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi minum kopi. (Huffingtonpost)
Ilustrasi minum kopi. (Huffingtonpost)

Himedik.com - Banyak orang beranggapan bahwa kopi sebaiknya diminum saat pagi hari. Bukan tanpa alasan, melainkan dengan dalih supaya tidak ngantuk dan semangat menjalani aktivitas.

Namun benarkah demikian? Bahwa waktu yang paling tepat dan sehat untuk minum kopi adalah di pagi hari?

Ternyata tidak lho, guys. Memang bukan menjadi masalah berarti jika kamu minum kopi pagi hari. Tetapi jika waktu minum kopi tidak sesuai, maka manfaat minum kopi yang kamu dapatkan juga tidak bisa optimal.

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk minum kopi?

Sama seperti halnya obat, kamu minum hanya ketika membutuhkannya. Begitu pula dengan kopi, kamu akan meminumnya jika tubuh membutuhkan khasiat dari kafeinnya.

Perlu kamu tahu nih, kalau sebenarnya tubuh itu membutuhkan kafein ketika kadar hormon kortisol menurun, lho. Nah, kapan itu?

Pada kondisi normal, kadar hormon kortisol paling tinggi dan mencapai puncaknya pada pukul 8-9 pagi, dan akan semakin menurun.

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi. (iStock)

Lebih lengkapnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Steven Miller dari Health Sciences University, Bethesda, menjelaskan bahwa puncak produksi kortisol terjadi pada pukul 08.00-09.00, 12.00-13.00, dan 17.30-18.30.

Sampai sini bisa dibayangkan sendiri kan, kapan seharusnya tubuh kamu butuh kafein?

Hormon kortisol sendiri berperan dalam mengendalikan stres yang bisa dipengaruhi oleh kondisi cedera, infeksi, atau aktivitas berat. Selain itu, ia juga berperan dalam penggunaan metabolisme lemak dan glukosa untuk menyediakan energi.

Memang tidak ada kaitannya antara kafein dan produksi hormon kortisol. Tapi kafein bisa menggantikan perannya ketika produksi hormon kortisol menurun dan memengaruhi kondisi kamu.

Di sini kafein berperan sebagai stimulan dan mengahambat reseptor adenosin. Sehingga bisa menyebabkan kamu merasa lebih bersemangat dan lebih berenergi.

Jadi, supaya manfaat kopi bisa kamu dapatkan secara optimal, minumlah pada waktu hormon kortisol menurun. Ingat ya!

Berita Terkait

Berita Terkini