Info

Tips Tetap Sehat Meskipun Makan Pizza

Coba pilih pizza khas Italia karena teksturnya cenderung lebih tipis, garing, dan sedikit minyak.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pizza. (rfi.ro)
Pizza. (rfi.ro)

Himedik.com - Termasuk dalam makanan tinggi lemak dan kalori, nyatanya pizza tetap disukai banyak orang. Padahal ketika menyantap pizza tidak mungkin satu potong saja cukup memuaskan keinginan untuk terus mengunyah.

Tentu saja hal tersebut bisa sangat membahayakan kesehatan. Pasalnya dalam satu porsi pizza terdapat beberapa potong yang cukup dimakan untuk 4-5 orang atau bahkan lebih.

Nah, bisa dikira-kira sendiri kan berapa banyak kalori dan lemak yang masuk dalam tubuh dalam sekali santap jika kamu menghabiskan seporsi penuh pizza sendirian?

Tapi, tenang berikut ada tips mudah bagaimana supaya kamu tetap bisa menyantap pizza tanpa mengesampingkan kondisi kesehatan.

Pertama yaitu pilihlah pizza yang khas Italia bukan Amerika seperti yang pada umumnya banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia karena lebih populer. Hal ini karena pizza khas Italia cenderung lebih tipis, garing, dan minyaknya tidak terlalu banyak.

Pizza Italia. (frameatrip)
Pizza Italia. (frameatrip)

Selain itu, pizza khas Italia juga memiliki banyak irisan tomat, minyak zaitun, dan sedikit keju, sehingga bisa disimpulkan kadar kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan pizza khas Amerika.

Kedua yaitu dalam pemilihan topping. Usahakan hindari topping dengan pilihan irisan daging, melainkan pilih topping yang lebih sehat seperti paprika, jamur, atau sayuran lain.

Ketiga, supaya kamu tidak khilaf dan terlalu banyak mengonsumsi pizza, ada baiknya makan menu lain yang sehat dan tinggi serat seperti buah atau salad sayur. Dengan begitu, kamu akan merasa mudah kenyang sehingga tidak akan tertarik lagi untuk mengambil potongan pizza berikutnya.

Salad sayur. (YouTube)
Salad sayur. (YouTube)

Terakhir, minumlah air putih saja dan hindari memesan minuman bersoda karena kalori yang masuk dalam tubuh bisa sangat berlebihan.

Meski demikian, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi pizza. Ingat juga untuk tidak memesan menu berlemak lain sebagai pendampingnya, seperti sosis atau kentang goreng. Imbangi dengan rutin berolahraga agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Berita Terkait

Berita Terkini