Info

Tips Diet yang Cocok Bagi Kamu yang Ingin Jadi Pelari Maraton

Mau berhasil kan saat lari maraton? Ikuti tips ini yuk.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Maraton. (MyDIETist)
Maraton. (MyDIETist)

Himedik.com - Apakah kamu berpikir untuk menjadi pelari maraton? Jika ya, beberapa hal menyangkut nutrisi berikut harus kamu ikuti. Kamu juga harus lebih bersabar dan disiplin untuk mengikuti jadwal sehingga bisa mendapatkah hasil terbaik.

Tubuhmu harus benar-benar kuat sebelum kamu berlari jarak jauh. Kamu perlu mendapatkan nutrisi yang tepat sehingga bisa meningkatkan kinerja saat perlombaan.

Dilansir dari Boldsky, ahli gizi Rasika Parab, Kepala Departemen, Terapi Nutrisi, Rumah Sakit Fortis Mulund menjelaskan apa yang harus kamu konsumsi selama masa latihan.

1. Hidrasi yang tepat

Air mengangkut nutrisi ke sel-sel dalam tubuh dan berperan dalam penghilangan produk-produk limbah serta racun.

Ini mempertahankan homeostasis yang merupakan proses yang berkaitan dengan perubahan dalam tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan panas, kelelahan, peningkatan tekanan kardiovaskular serta menurunkan kinerja pelari.

Hidrasi dengan baik sepanjang hari dan pastikan untuk rehidrasi setelah latihan untuk mengganti kehilangan cairan.

2. Buah-buahan

Buah-buahan adalah sumber vitamin, mineral dan nutrisi lain yang sehat yang memainkan peran penting dalam menjaga tubuhmu tetap sehat.

Selain sayuran, buah-buahan juga meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan. Konsumsi satu buah setiap kali kamu makan.

buah potong (shutterstock)
buah potong (shutterstock)

3. Semua produk susu & daging

Kamu harus selalu memilih protein lengkap seperti semua produk susu dan daging. Ini penting untuk pemulihan dan perbaikan otot.

Beberapa sumber ini termasuk, dada ayam (tanpa kulit), putih telur, daging tanpa lemak, ikan, kerang, serta kacang-kacangan.

4. Karbohidrat

Penting untuk memastikan asupan karbohidrat yang baik selama masa latihan. Pasalnya karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar yang bisa memberimu energi selama latihan maupun saat lomba.

Asupan karbohidrat yang cukup juga mencegah penyakit gastrointestinal, kembung dan sembelit. Beberapa karbohidrat kaya gizi termasuk ubi jalar, jagung dan asparagus, biji-bijian utuh harus mencakup oatmeal dan beras merah.

5. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol harus dihindari selama periode latihan karena dapat menghambat kinerja dan kemajuan latihan.

Jika kamu sangat ingin untuk minum, kamu bisa minum segelas anggur atau bir. Yang penting, jangan melewatkan waktu makan untuk mencoba menyesuaikan asupan kalori yang dikonsumsi dari alkohol. Biarkan tubuh terhidrasi dengan air setiap saat.

Itu tadi diet yang bisa kamu terapkan ketika ingin lari maraton.

Berita Terkait

Berita Terkini