Info

Hati-hati, Malas Sikat Gigi Bisa Sebabkan Alzheimer

Bakteri Porphyromonas gingivalis biasanya ditemukan di rongga mulut bisa memasuki aliran darah ketika sedang menyikat gigi.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi alzheimer/unsplash
Ilustrasi alzheimer/unsplash

Himedik.com - Melansir dari Medical News Today, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan fakta bahwa orang dengan kebersihan mulut yang buruk seperti memiliki penyakit gusi lebih berisiko terkena Alzheimer.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Central Lancashire (UCLan) Inggris, menemukan adanya bakteri Porphyromonas gingivalis di otak pasien penderita demensia ketika mereka masih hidup.

Padahal, bakteri tersebut biasanya dikaitkan dengan penyakit periodontal kronis pada gusi.

Lebih lanjut, para peneliti mengambil 10 sampel otak pasien penderita demensia yang disumbangkan untuk keperluan penelitian, serta 10 sampel lainnya dari orang-orang yang tidak memiliki gangguan demensia.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat bakteri Porphyromonas gingivalis dalam sampel otak pasien demensia. Yang mana kaitannya dengan alzheimer adalah penyakit tersebut merupakan penyebab dari kasus demensia.

Lalu bagaimana bakteri yang ada pada gigi ini bisa sampai di otak?

Bakteri Porphyromonas gingivalis biasanya ditemukan di rongga mulut, dan memasuki aliran darah ketika sedang menyikat gigi dan makan/mengunyah.

Ilustrasi menggosok gigi (onurozturk)
Ilustrasi menggosok gigi (onurozturk)

Selain itu, bakteri tersebut juga bisa memasuki aliran darah setelah perawatan gigi invasif sehingga ada kemungkinan bakteri masuk ke otak secara teratur.

Setiap kali bakteri memasuki otak, ia berpotensi memicu respons sistem kekebalan yang menyebabkan pelepasan kelebihan bahan kimia dan itu dapat membunuh neuron.

Para peneliti mengatakan bahwa kondisi tersebut dapat menyebabkan gejala seperti kebingungan dan memburuknya ingatan. Yang mana hal itu merupakan gejala penyakit Alzheimer.

Meskipun terlihat remeh, ternyata kesehatan mulut dan gigi yang tidak diperhatikan bisa sebabkan penyakit yang membahayakan. Jadi, jangan malas sikat gigi.

Berita Terkait

Berita Terkini