Info

Aneh, Penyakit Langka Ini Bikin Pengidapnya Mirip Vampir

Porfiria, penyakit yang menyebabkan seseorang seperti vampir.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi penyakit porfiria. (pixabay)
Ilustrasi penyakit porfiria. (pixabay)

Himedik.com - Beberapa tahun lalu sempat booming film Twilight yang mengisahkan drama percintaan antara vamir dan manusia. Film yang diperankan oleh Robert Pattison dan Kirsten Stewart ini cukup menyita perhatian pecinta film dunia.

Selain karena alur ceritanya yang membuat decak kagum, juga berhasil mengubah persepsi masyarakat tentang sosok vampir yang menyeramkan. Sosok vampir umumnya digambarkan sebagai makhluk bergigi runcing dan haus darah, di film ini digambarkan oleh pria tampan dan mapan.

Namun, di balik popularitas film itu ada sebuah penyakit yang membuat seseorang terlihat dan bertingkah laku seperti vampir. Dalam istilah medis, penyakit itu disebut dengan porfiria. Penyakit ini terbilang langka karena satu dari satu juta orang di dunia dilaporkan memiliki kondisi ini.

Secara khusus, porfiria disebabkan oleh mutasi enzim perbaikan eksisi nukleotida. Saat berfungsi normal, enzim ini akan mengoreksi DNA kulit yang rusak akibat radiasi sinar UV. Mutasi menyebabkan enzim ini gagal bekerja sehingga kerusakan DNA menjadi permanen dan terakumulasi.

Hal itulah membuat kulit penderitanya menjadi pucat pasi seperti mayat hidup dan sangat menghindari sinar matahari. Sensor pada kulit mereka tidak bisa menahan sinar matahari dan cuaca panas. Kalau terkena sinar matahari, kulitnya akan terbakar parah hingga melepuh.

Hal lain yang membuat pengidap porfiria makin mirip seperti vampir adalah kebutuhannya akan banyak darah, sebab mereka mengidap anemia akut. Makanya, penderita membutuhkan transfusi darah secara berkala.

Penyakit porfiria ini biasanya menyerang sistem saraf atau kulit. Namun, ada juga yang menyerang keduanya, tergantung dari jenisnya. Para ahli sendiri menyebut porfiria sebagai kelainan genetik langka yang umumnya diwariskan dan tidak menular.

Selain faktor genetik, porfiria bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti konsumsi obat tertentu, konsumsi alkohol, merokok, dan lain sebagainya.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Kenali Porfiria, Penyakit yang Bikin Penderita Mirip Vampir

Berita Terkait

Berita Terkini