Info

Mitos atau Fakta, Wortel Bisa Turunkan Minus Mata

Faktanya, wortel bukan merupakan sumber vitamin A terbaik.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Wortel pelangi. (mildaini)
Wortel pelangi. (mildaini)

Himedik.com - Hingga saat ini masyarakat masih banyak yang percaya bahwa wortel bisa menyembuhkan penyakit mata, salah satunya yaitu menurunkan ukuran minus mata. Tapi benarkah demikian?

Sebenarnya informasi tersebut berawal ketika militer Inggris membuat karangan cerita yang menyatakan bahwa penglihatan pilot mereka menjadi lebih baik setelah mengonsumsi wortel. Karangan cerita tersebut terus berlanjut dari generasi ke generasi.

Meski hal tersebut hanyalah karangan semata, namun faktanya wortel memang mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Baik untuk lansia, orang dewasa, maupun anak-anak. Sebab, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama anak-anak mengalami kebutaan.

Berdasarkan data dari WHO, sekitar 250 hingga 500 ribu anak buta setiap tahunnya karena kekurangan vitamin A. Bahkan separuh dari jumlahnya meninggal dalam kurun waktu setahun setelah penglihatan menghilang.

Wortel. (iStock)
Wortel. (iStock)

Di sisi lain, ada studi yang melakukan sebuah penelitian pada dua kelompok pria yang masing-masing diberi obat berbeda. Kelompok satu diberi suplemen beta-karoten yang mana terdapat pada wortel, dan kelompok dua diberi placebo.

Hasilnya, tidak ada perbedaan berarti. Kedua kelompok tersebut memiliki kondisi katarak yang sama. Yang artinya wortel tidak bisa menyembuhkan penyakit mata.

Menurut Scientific American, walaupun mengandung vitamin A, kandungan beta-karoten pada wortel bukanlah sumber vitamin A terbaik. Meski demikian, jangan berhenti makan wortel karena ia tetap kelompok sayuran yang menyehatkan tubuh.

Kesimpulannya, wortel bisa menyembuhkan mata minus itu hanya mitos belaka.

Berita Terkait

Berita Terkini