Info

Ternyata Saat Sedang Stres, Otak Tidak Dapat Berpikir Jernih

Otak yang telah diforsir menyebabkan konsentrasi otak habis.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi stres (hesed.info)
Ilustrasi stres (hesed.info)

Himedik.com - Stres merupakan hal wajar yang sering terjadi pada setiap orang. Umumnya stres menyerang karena masalah yang dihadapi sehingga menjadi sering dipikirkan dan menyebabkan stres.

Pernahkah kamu sedang dilanda beberapa masalah, namun harus memikirkan hal yang lain? Pasti terbengkalai bukan? Karena otak menjadi sulit untuk berpikir jernih akibat tekanan yang ditimbulkan oleh stres.

Untuk menghadapi masa depan, biasanya orang akan berpikir panjang dan keras untuk mendapatkan yang terbaik. Tapi terkadang sulit dan tidak bisa berpikir jernih untuk menemukan solusi karena ada masalah yang dipikirkan dan dihadapi saat ini.

Sebuah penelitian yang melibatkan 200 peserta membuktikan bahwa mereka yang mampu mengendalikan dirinya dengan baik, lebih mampu untuk merencakan berbagai hal-hal positif meskipun sedang stres berat.

Sedangkan peserta yang terlalu fokus dalam pikiran negatifnya sendiri akibat stres akan terus merasa terjebak dan kesulitan untuk keluar dari masalah sehingga enggan untuk memikirkan rencana penting di kemudian hari.

Mengapa bisa demikian?

Semua keputusan yang dilakukan melibatkan fungsi kognitif otak. Proses perencanaan, kemampuan untuk mengendalikan diri, hingga kemampuan mengelola pikiran saat sedang stres, dilakukan secara bersamaan oleh otak.

Akibatnya, ketika otak telah diforsir untuk menyelesaikan satu masalah, lama-kelamaan konsentrasi otak akan habis. Hal inilah yang membuat setiap orang tidak dapat berpikir jernih saat sedang stres.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, yaitu:

1. Tulis kesulitan yang dihadapi saat ini dan cari solusinya perlahan agar tidak berujung stres.

2. Ceritakan pada orang terdekat supaya kamu mendapat masukan dan tidak menghadapi masalahmu sendirian.

3. Istirahatkan tubuh dan pikiranmu dengan beberapa relaksasi, seperti pijat, berendam air panas, sauna, dan lain-lain.

Jangan biarkan stres melanda pikiranmu. Jika terlalu stres kesehatan juga akan menurun.

Berita Terkait

Berita Terkini