Info

Lima Alasan Kecoak Dapat Mengancam Kesehatan

Selain menjijikkan, kecoak juga menjadi sumber penyakit.

Rauhanda Riyantama

Kecoak. (kalarcity.com)
Kecoak. (kalarcity.com)

Himedik.com - Bagi sebagian orang, kecoak merupakan serangga menjijikkan yang cukup ditakuti. Selain karena bentuknya yang aneh, kecoak juga dapat mengancam kesehatan. 

Menurut beberapa jurnal ilmiah, kecoak menjadi sumber berbagai penyakit, sepeti diare dan keracunan makanan. Berikut beberapa alasan mengapa seseorang harus menghindari kecoak demi menjaga kesehatan.

1. Kecoak bisa gigit manusia

Meskipun jarang terjadi, nyatanya kecoak bisa menggigit musuhnya jika dalam keadaan terancam atau sedang berebut makanan. 

Menurut Science Trends, gigitan kecoak terlihat seperti bekas gigitan nyamuk atau kutu dan rasanya seperti dicubit. Bekas gigitannya berwarna merah cerah, bengkak dan gatal, serta bisa menyebabkan infeksi.

Kecoak dikabarkan lebih ganas ketika berada di lautan. Jenis kecoak Australia dan kecoak Amerika bisa ditemukan di atas kapal dan dapat menggigit kuku serta kulit manusia.

2. Masuk ke tubuh

Inilah salah satu alasan kecoak bisa mengancam kesehatan. Sebab kecoak bisa masuk ke beberapa organ tubuh manusia, seperti telinga dan hidung.

Kasus seperti ini pernah terjadi pada seorang wanita di Florida, Amerika Serikat. Dilaporkan, seekor kecoak bersarang di dalam telinganya selama sembilan hari dan sulit untuk dikeluarkan. 

3. Menyebabkan alergi

Kecoak menyebabkan alergi. (thinkstock)
Kecoak menyebabkan alergi. (thinkstock)

 

Hal buruk lainnya yang dipicu oleh kecoak adalah alergi. Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology, orang yang memiliki alergi kecoak biasanya akan mengalami sesak napas, batuk-batuk, infeksi hidung dan telinga, serta muncul bercak-bercak di kulit saat berada di dekat kecoak.

4. Memicu asma

Kecoak membawa alergen, pemicu alergi, yang mirip seperti butiran debu. Karena itu, bagi pemilik asma, kecoak dapat memicu asma kambuh.

Bahkan, menurut American Lung Association kecoak juga dapat menyebabkan asma pada anak-anak balita, meski awalnya tidak memiliki asma.

5. Menyebarkan penyakit bila menyentuh makanan

Dirangkum Food Poison Journal, penelitian dari University of Nebraska menunjukkan bahwa kecoak positif membawa bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain salmonella, bakteri lain seperti staphylococcus dan streptococcus juga turut dibawa oleh serangga ini.

Oleh karena itu, apabila makanan dihinggapi kecoak, jangan pernah dikonsumsi. Apabila alat makan atau alat masak dilewati kecoak, jangan langsung dipakai dan segera cuci hingga bersih terlebih dulu.

Berita Terkait

Berita Terkini