Info

Lima Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit

Minyak jojoba membantu melembabkan kulit dan menyembuhkan jerawat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Minyak jojoba. (iStock)
Minyak jojoba. (iStock)

Himedik.com - Jojoba merupakan tanaman yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini tumbuh subur di iklim padang pasir dan beracun bagi sebagian besar makhluk hidup. Meski demikian, minyak dari tanaman jojoba sangat bermanfaat untuk kesehatan termasuk kulit.

Penggunaan minyak jojoba sebagai perawatan kulit ini bukan hal baru di bidang kesehatan. Sudah banyak yang menggunakannya untuk rangkaian perawatan kulit.

Banyak bukti pendukung yang menunjukkan bahwa minyak jojoba murni bisa mengobati jerawat, mengatasi kulit kering, dan masalah kulit lainnya.

Nah, buat kamu yang masih penasaran manfaat apa saja yang terkandung di dalamnya, simak penjelasan berikut.

1. Sebagai antibakteri

Berdasarkan hasil tes laboratorium, ditemukan data bahwa minyak jojoba bisa membunuh beberapa spesies jamur dan bakteri. Di antaranya yaitu Candida, Salmonella, dan E. Coli.

Minyak jojoba. (iStock)
Minyak jojoba. (iStock)

2. Mengontrol produksi sebum (kelenjar minyak)

Minyak jojoba sangat mirip dengan minyak yang dihasilkan oleh sebum. Ketika kamu mengaplikasikan minyak jojoba pada kulit, tubuh akan mengirimkan sinyal pada folikel rambut bahwa kulit tidak membutuhkan produksi sebum tambahan untuk menghidrasi kulit.

3. Antioksidan

Minyak jojoba mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Dengan begitu kulit dapat terlindungi dari racun yang berasal dari polusi.

4. Meningkatkan sintesis kolagen

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen akan berkurang. Kolagen merupakan protein yang terdapat dalam kulit, sendi, dan bagian tubuh yang terbuat dari tulang rawan.

Rendahnya kolagen menyebabkan munculnya tanda penuaan pada kulit.

Minyak jojoba. (iStock)
Minyak jojoba. (iStock)

Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Hal ini terbukti dari adanya penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam produk perawatan bisa membantu meningkatkan sintesis kolagen.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jojoba mendorong sel-sel kulit untuk melakukan regenerasi setelah rusak akibat goresan/luka.

Hal ini ada kaitannya dengan kandungan vitamin E dan kemampuan minyak jojoba dalam menyembuhkan jerawat.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin menggunakan minyak jojoba sebagai rangkaian produk perawatan kulit.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini