Info

Yuk Jaga Kesehatan Ginjal dan Kenali Gejala Awal Penyakitnya

Salah satu fungsi ginjal yaitu untuk menyaring darah dan memisahkan racun.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ginjal. (shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (shutterstock)

Himedik.com - Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia. Fungsinya yaitu untuk menyaring darah dan memisahkan racun,  mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh serta keseimbangan elektrolit.

Racun yang telah tersaring kemudian keluar dari dalam tubuh dalam bentuk urin. Itulah mengapa seseorang yang terkena gangguan ginjal harus rutin melakukan proses cuci darah.

Supaya ginjal kamu tetap sehat, cobalah untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat pula. Dimulai dari mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, biji-bijian, serta makanan lain yang baik untuk ginjal.

Selain itu, pastikan juga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak, kamu bisa melihatnya dari urin. Ini sekaligus bisa membantumu melihat kondisi kesehatan ginjal.

Pasalnya jika tubuh kekurangan cairan, ginjal tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Jadi, mulai sekarang pastikan kamu minum air sebanyak 7-8 gelas sehari supaya warna urin kamu cerah, karena jika urin berwarna kuning pekat, itu artinya tubuh memerlukan lebih banyak air.

Warna urin. (Health Jade)
Warna urin. (Health Jade)

Tak hanya itu, meski tidak berkaitan langsung namun konsumsi alkohol, rokok, dan berat tubuh berlebih juga bisa meningkatkan risiko terkenan penyakit ginjal.

Pasalnya hal tersebut bisa menyebabkan hipertensi yang mana akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Oleh sebab itu kamu perlu waspada dan kenali gejala awalnya.

Terkadang gejala awal penyakit ginjal sering tidak disadari dan bahkan tidak muncul hingga akhirnya fungsi ginjal perlahan menurun. Penurunan fungsi ginjal ini di antaranya ditandai dengan jumlah urin yang sedikit, bengkak di pergelangan kaki dan mata, kram otot, kulit pucat, serta mual dan muntah.

Menyayangi ginjal sama halnya menyayangi diri sendiri. Jadi rawatlah dengan baik tubuhmu, supaya tak hanya ginjal tapi semua organ dalam tubuh selalu terjaga kesehatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini