Info

Empat Penyakit Tak Terduga yang Muncul Akibat Jarang Merawat Gigi

Terdengar sepele namun ternyata dapat menyebabkan penyakit fatal

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi merawat gigi. (shutterstock)
Ilustrasi merawat gigi. (shutterstock)

Himedik.com - Banyak orang yang menyepelekan masalah perawatan gigi. Padahal kondisi gigi yang tak terawat bisa menyebabkan munculnya beragam penyakit, lho. Penyakit gigi ini biasanya disertai bau mulut hingga gigi menjadi keropos.

Tak hanya itu, malas merawat gigi juga bisa menyebabkan beragam penyakit serius muncul. Salah satunya adalah jantung. Kok bisa? Berikut, telah HiMedik rangkum mengenai empat penyakit akibat malas merawat gigi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Penyakit Diabetes

Malas merawat gigi rupanya bisa menyebabkan kadar gula darah naik. Hal ini karena kotornya mulut dan gigi akan menyebabkan gusi menjadi lemah dan mudah iritasi.

Padahal gusi yang lemah menyebabkan tubuh kesulitan mengolah gula darah. Sehingga tubuh berisiko terkena gangguan penyakit diabetes.

2. Penyakit Gingivitis

Ilustrasi gigi berdarah. (YouTube)
Ilustrasi gigi berdarah. (YouTube)

Malas merawat gigi juga bisa menyebabkan penyakit gingivitis. Penyakit ini menyebabkan kondisi gigi berdarah, bengkak, hingga mengalami infeksi.

3. Penyakit Endokarditis

Penyakit ini memang tidak ada menyerang gigi ataupun mulut. Tapi menyerang organ vital, jantung. Hal ini bisa terjadi karena bakteri pada mulut masuk dalam pembuluh darah di gusi dan aliran darah tersebut sampai ke jantung.

4. Jantung

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

Masih seputar jantung. Gigi berlubang yang disebabkan karena perawatan yang buruk juga bisa menyebabkan tubuh terkenan penyakit jantung.

Pasalnya pembuluh darah di gusi yang mengalami infeksi bisa menempel pada timbunan lemak di pembuluh darah arteri. Sehingga aliran darah menuju jantung menjadi terhambat dan menyebabkan serangan jantung.

Jadi sobat HiMedik jangan lalai dalam merawat gigi dan mulut ya. Usahakan minimal melakukan pemeriksaan gigi secara rutin selama enam bulan sekali dalam satu tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini