Info

Es Bisa Picu Radang Tenggorokan, Mitos atau Fakta?

Faktanya, radang tenggorokan disebablan oleh virus.

Rendy Adrikni Sadikin | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi radang tenggorokan. (Shutterstock)
Ilustrasi radang tenggorokan. (Shutterstock)

Himedik.com - Radang tenggorokan atau istilah medisnya dikenal dengan faringitis merupakan kondisi yang membuat tenggorokan tidak nyaman dan biasanya disertai dengan rasa nyeri. Penyebab utama seseorang bisa terkena radang tenggorokan adalah virus.

Selain itu adanya jamur, bakteri, polutan (asap, debu, dll), dan reaksi alergi juga bisa sebabkan gangguan tersebut.

Daya tahan tubuh di sini sangat berhubungan dengan masalah radang. Oleh sebab itu, seseorang akan jadi mudah terkena radang jika sistem imunnya sedang menurun karena kuman akan lebih mudah menginfeksi.

Lalu benarkah minum es juga bisa sebabkan radang tenggorokan?

Informasi yang beredar, kerap kali diterima masyarakat secara mentah-mentah dan terkadang menimbulkan kesalahpahaman. Salah satunya seperti masalah es bisa sebabkan radang.

Ilustrasi minum es. (Shutterstock)
Ilustrasi minum es. (Shutterstock)

Padahal faktanya, minum es tidak akan menyebabkan radang tenggorokan, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa virus merupakan penyebab utamanya.

Namun, konsumsi es ketika sedang radang bisa membuat kondisi tenggorokan semakin parah. Hal ini karena minum es bisa merangsang batuk secara refleks sehingga membuat peradangan semakin parah.

Kesimpulannya es bisa picu radang tenggorokan itu hanyalah mitos. Meski demikian, ada baiknya kamu hindari konsumsi es ketika tenggorokan merasa tidak nyaman supaya kondisi tidak semakin parah.

Perbanyak juga konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan olahraga supaya sisem imun meningkat dan tubuh tidak mudah terserang virus atau bakteri penyebab penyakit.

Berita Terkait

Berita Terkini