Info

Empat Penyebab Munculnya Bercak Putih pada Feses

HIV/AIDS akan memicu munculnya infeksi jamur yang menyebabkan bercak putih pada feses.

Dinar Surya Oktarini | Krishnayanti C

Ilustrasi (cw33)
Ilustrasi (cw33)

Himedik.com - Pernahkah kamu perhatikan feses saat sedang buang air besar dan menemukan bercak putih pada fesesmu?

Bercak putih pada feses dan seluruhnya adalah hal yang berbeda. Jika perubahan warna putih pada feses menandakan kondisi medis, seperti gangguan kantong empedu, hati, atau pankreas.

Saat ada bercak putih pada feses mungkin kamu hanya mengira bahwa itu adalah hal yang wajar. Namun, ada beberapa penyebab munculnya bercak putih pada feses mulai dari yang sepele hingga serius.

1. Makanan yang tidak tercerna dengan baik

Tidak semua makanan dapat dicerna dengan mudah. Seringkali kita menemukan ada sisa makanan yang belum hancur sempurna saat buang air besar.

Kacang-kacangan, jagung, sayuran berserat tinggi merupakan beberapa makanan yang sulit dicerna dan menimbulkan bercak putih pada feses.

2. Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti kapsul dan tablet dapat membuat munculnya bercak putih karena obat tersebut luarnya dilapisi dengan salut yang cukup keras dan beberapa orang mungkin kesulitan untuk mencerna kapsul dan tablet dengan benar.

3. Parasit

Munculnya parasit yang berupa cacing pita atau cacing kremi menyebabkan bercak putih pada feses. Bercak putih ini merupakan potongan tubuh cacing yang biasanya berbentuk datar, pipih dan berukuran kecil.

Biasanya kondisi ini muncul karena makan makanan yang tidak dimasak dengan baik atau makan makanan mentah.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur yang dapat muncul salah satunya infeksi jamur candida dan menyebabkan bercak putih pada feses. Kondisi ini akan semakin parah jika ada penyakit atau perawatan medis seperti HIV/AIDS atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Mulai sekarang, cobalah lebih teliti memperhatikan feses saat buang air besar dan perbanyak makan makanan sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini