Info

Cegah Penuaan Dini dengan Lakukan Hal Berikut

Tanda kulit mengalami penuaan adalah munculnya kerutan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi wajah mulus. (pixabay)
Ilustrasi wajah mulus. (pixabay)

Himedik.com - Kerutan di wajah merupakan salah satu tanda terjadinya penuaan. Hal ini bisa dialami bahkan di usia muda sekalipun. Maka dari itu, jangan tunda melakukan perawatan wajah supaya tercegah dari penuaan dini.

Berikut telah dirangkum mengenai empat langkah mudah supaya kulitmu tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan.

1. Konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat menunda penuaan terjadi. Pasalnya antioksidan bisa lindungi kulitmu dari serangan radikal bebas. Sumber antioksidan bisa kamu dapatkan dari teh hijau, cokelat hitam, beri, kacang-kacangan, dan sayuran.

2. Gunakan sunscreen dan sunblock

Pelembab saja tidak cukup. Gunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 15 supaya kulit terlindungi dari paparan sinar UV. Gunakan merata pada wajah, leher, tangan, dan kaki, secara rutin terutama jika beraktivitas di luar ruangan.

3. Pakai krim mata

Ilustrasi krim mata. (pixabay)
Ilustrasi krim mata. (pixabay)


Kulit di sekitar area mata memiliki sifat yang paling tipis dari seluruh kulit tubuh. Sehingga kerutan pertama akan muncul di area ini. Jadi, jangan lupa gunakan selalu krim mata sebelum kamu tidur.

4. Kurangi minum dengan sedotan

Gerakan otot yang berulang dapat menyebabkan timbulnya kerutan. Begitu pula ketika kamu minum dengan sedotan, kegiatan berulang tersebut dapat menimbulkan munculnya garis-garis halus di sekitar mulut.

Melindungi kulit tidak bisa hanya dilakukan dari luar, perlindungan dari dalam seperti mengonsumsi makanan sehat atau suplemen pendukung juga harus dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini