Info

Penyebab dan Gejala Seseorang Mengalami Gangguan Makan

Segera cari bantuan medis jika kamu mengalami salah satu gangguan makan ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Gangguan makan. (med.stanford.edu)
Gangguan makan. (med.stanford.edu)

Himedik.com - Gangguan makan adalah kondisi serius yang terkait dengan perilaku makan terus menerus yang berdampak negatif terhadap kesehatan, emosi dan kemampuan yang kamu miliki.

Gangguan makan yang paling umum adalah anoreksia nervosa dan bulimia nervosa yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang tepat.

Gangguan makan dapat membahayakan jantung, sistem pencernaan, tulang, gigi dan mulut dan menyebabkan penyakit lainnya.

Gangguan makan sering berkembang pada remaja dan dewasa meskipun ini juga tak menutup kemungkinan dapat memengaruhi di luar usia ini.

Dilansir dari mayoclinic, HiMedik menemukan beberapa gejala seseorang yang mengalami gangguan makan.

Gejala bervariasi, tergantung pada jenis gangguan makan.

Anorexia nervosa

Ini merupakan gangguan makan yang berpotensi mengancam jiwa yang ditandai dengan berat badan rendah yang tidak normal, rasa takut yang intens akan bertambahnya berat badan dan persepsi berat atau bentuk yang terdistorsi.

Orang dengan anoreksia menggunakan upaya ekstrem untuk mengendalikan berat badan dan bentuk tubuh mereka yang sering sangat mengganggu aktivitas kesehatan dan kehidupan mereka.

Gangguan makan. (Addiction Campuses)
Gangguan makan. (Addiction Campuses)

 

Ketika kamu mengalami anoreksia, kamu membatasi kalori secara berlebihan atau menggunakan metode lain untuk menurunkan berat badan, seperti olahraga berlebihan, alat bantu diet atau muntah setelah makan.

Upaya mengurangi berat badan bahkan ketika sudah sangat kurus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, bahkan bisa berujung pada kematian.

Bulimia nervosa

Bulimia merupakan gangguan makan yang serius dan berpotensi mengancam nyawa. Ketika kamu mengalami bulimia, kamu memiliki porsi makan yang banyak serta tidak bisa mengendalikan nafsu makan.

Jika kamu mengalami bulimia, kamu biasanya akan makan dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat, dan kemudian mencoba untuk membuang kalori ekstra dengan cara yang tidak sehat.

Karena rasa bersalah, malu dan rasa takut yang intens akan kenaikan berat badan karena makan berlebih, kamu memaksa muntah, berolahraga terlalu banyak atau menggunakan metode lain, seperti obat-obatan tertentu untuk membuang kalori.

Gangguan makan sangat sulit untuk diatasi seorang diri. Sebaiknya kamu meminta bantuan orang medis untuk mengatasi masalah ini.

Berita Terkait

Berita Terkini