Info

5 Probiotik Terbaik untuk Vegan

Biar tak bosan, kamu bisa mencoba beberapa jenis probiotik ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Probiotik. (unsplash)
Probiotik. (unsplash)

Himedik.com - Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang hidup di dalam tubuh dan memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Probiotik juga hadir dalam beberapa makanan dan suplemen.

Salah satu contoh probiotik adalah yoghurt. Ini adalah salah satu sumber probiotik makanan yang paling populer. Sayangnya, yoghurt tidak cocok untuk vegan.

Untungnya, ada banyak cara lain bagi mereka yang menjalani pola makan nabati untuk makan lebih banyak probiotik.

Dilansir dari Medicalnewstoday, HiMedik menemukan 5 probiotik terbaik untuk vegan.

1. Kimchi

Kimchi adalah hidangan sawi atau lobak pedas, makanan hasil fermentasi yang populer di masakan Korea. Ini mengandung probiotik, vitamin, dan antioksidan.

Probiotik. (unsplash)
Probiotik. (unsplash)

2. Sauerkraut

Sauerkraut kaya akan probiotik, vitamin C dan K. Sauerkraut adalah hidangan kubis fermentasi yang populer di banyak negara Eropa Timur.

Bahan makanan ini kaya probiotik, kalium, vitamin C dan K. Orang dapat membuat sauerkraut dengan membiarkan fermentasi kubis halus dalam air garam.

3. Sayuran acar

Sayuran acar dalam air garam menciptakan camilan lezat kaya probiotik. Meskipun sayuran yang difermentasi kaya akan beberapa nutrisi, ini juga mengandung banyak sodium.

Nah, untuk menghindari risiko diet tinggi garam, seperti tekanan darah tinggi dan retensi air, orang harus menikmati makanan acar dalam jumlah sedang.

4. Air kefir

Air kefir adalah minuman probiotik. Kefir air memfermentasi air gula, jus atau air kelapa untuk membentuk minuman beraroma ringan dan menyehatkan. Vegan harus menghindari susu kefir karena ini berbahan dasar susu.

5. Tempe

Tempe adalah makanan berbasis kedelai yang mirip dengan tahu tetapi melibatkan fermentasi kedelai.

Akibat fermentasi ini, tempe kaya akan probiotik dan protein. Teksturnya yang kuat membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai hidangan.

Vegan dapat menggunakan tempe dalam salad, tumis, burger, sandwich, dan banyak lagi. Ini juga merupakan sumber protein yang sangat baik.

Berita Terkait

Berita Terkini