Info

Yuk Mengenal Apa Sebenarnya Benzena Itu

Benzena adalah zat yang terdapat dalam styrofoam.

Rauhanda Riyantama

Styrofoam. (unsplash)
Styrofoam. (unsplash)

Himedik.com - Benzena adalah zat yang berada di sekitar kita. Salah satunya terdapat dalam styrofoam yang kerap jadi wadah makanan yang kerap dijual di pinggir jalan. 

Perlu diketahui bahwa benzena telah menyebabkan kasus kematian, yakni saat menimpa salah satu pekerja perusahaan besar Apple.

Dilaporkan orang itu meninggal akibat terkena kanker darah (leukimia) setelah terpapar zat yang terkandung dalam produk smartphone, yaitu benzena dan n-hexsane.

Menanggapi hal tersebut, dr Fielda Djuita, SpRad (K), Onk. Rad, spesialis radiasi onkologi mengatakan bahwa kalau kandungan benzena dalam jumlah besar memang dapat menyebabkan kanker, salah satunya dalam styrofoam.

Oleh sebab itu, dr Fielda  menyarankan saat membeli makanan yang panas sebaiknya hindari memakai styrofoam, tapi untuk makanan dingin tidak ada masalah. 

Styrofoam. (unsplash)
Styrofoam. (unsplash)

Tak hanya itu, benzena juga diakibatkan oleh polusi udara. Untuk itu disarankan menggunalan masker. Sementara dari gadget, ia tidak mempermasalahkan selama tidak dibakar.

Dirangkum dari American Cancer Society, benzena adalah cairan yang tidak berwarna dan mudah terbakar dengan bau manis. Ini menguap dengan cepat ketika terkena udara.

Benzena terbentuk dari proses alami, seperti gunung berapi dan kebakaran hutan. Dan juga merupakan bagian alami dari minyak mentah dan bensin, serta aktivitas manusia yaitu asap rokok.

Perlu diketahui, benzena merupakan bahan awal dalam pembuatan bahan kimia, antara lain plastik, pelumas, karet, pewarna, detergen, obat-obatan, dan pestisida.

Di masa lalu itu juga biasa digunakan sebagai pelarut industri dan sebagai aditif bensin. Akan tetapi, penggunaan benzena telah sangat berkurang dalam beberapa dekade terakhir. 

Berita Terkait

Berita Terkini